Kesiapan Pengembangan Kawasan Pariwisata Berbasis Industri Kreatif Kerajinan Sangkar Burung di Kelurahan Mojosongo Kota Surakarta

Sadana, Dewa Putu Aris (2017) Kesiapan Pengembangan Kawasan Pariwisata Berbasis Industri Kreatif Kerajinan Sangkar Burung di Kelurahan Mojosongo Kota Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (922Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (615Kb)

      Abstract

      Kelurahan Mojosongo di Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, diarahkan sebagai pengembangan kawasan pariwisata berbasis industri kerajinan sangkar burung. Penelitian ini membahas tentang kesiapan pengembangan kawasan pada wilayah penelitian. Komponen dari kesiapan pengembangan kawasan dilihat dari tiga aspek yaitu, fisik ruang, produktivitas, dan manajemen. Penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data berupa kuisioner, observasi lapangan, survei data sekunder, dan wawancara. Adapun teknik analisis pada penelitian ini, yaitu AHP dan skoring. Pada aspek fisik ruang, infrastruktur kawasan sudah memadai, aksesibilitas kawasan sudah baik, dan ketersediaan lahan sudah ada. Berikutnya, pada aspek produktivitas, bahan baku dapat ditemui di dalam Kota Surakarta, namun terkadang bahan baku berupa bambu hanya ada pada musim kering. Pemanfaatan teknologi untuk proses produksi maupun pemasaran produk masih perlu ditingkatkan. Terakhir, pada aspek manajemen, atraksi wisata pada wilayah penelitian sudah cukup baik, karena sudah terdapat orang kreatif, produk kreatif, dan lingkungan kreatif (klaster industri kerajinan sangkar burung), namun masih belum terdapat kegiatan workshop atau kegiatan kreatif lainnya. Hal tersebut terjadi karena masih kuranganya kerjasama antar pihak terkait dan lembaga yang mengelola terkait pengembangan kawasan, hanya terdapat paguyuban saja, belum ada kelembagaan dari pemerintah maupun swasta. Pemasaran produk kerajinan sangkar burung sudah tergolong baik dilihat dari jangkauan pelayanan dan kuantitas produk yang dipasarkan. Jadi, berdasarkan hal-hal di atas, maka kesiapan pengembangan kawasan pariwisata berbasis industri kerajinan sangkar burung di Kelurahan Mojosongo masuk kedalam kategori tingkat kesiapan sedang (agak siap). Kata kunci: Kesiapan; Pengembangan Kawasan; Pariwisata; Industri Kerajinan Sangkar Burung; Industri Kreatif.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
      T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
      Divisions: Fakultas Teknik
      Fakultas Teknik > Perencanaan Wilayah dan Tata Kota
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 16 Oct 2017 16:27
      Last Modified: 16 Oct 2017 16:27
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35146

      Actions (login required)

      View Item