Upaya Peningkatan Prestasi Belajar dan Kemampuan Analisis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) pada Materi Hidrolisis Kelas XI MIA 1 Semester Genap SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017

Wulandari, Diyah Ayu (2017) Upaya Peningkatan Prestasi Belajar dan Kemampuan Analisis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) pada Materi Hidrolisis Kelas XI MIA 1 Semester Genap SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (917Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (93Kb)

      Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada materi pokok hidrolisis bagi siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo; (2) kemampuan analisis siswa melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada materi pokok hidrolisis bagi siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, tes dan angket. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pokok hidrolisis siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017. Ketercapaian aspek kognitif siklus I sebesar 56% dan meningkat menjadi 79% pada siklus II, aspek sikap pada siklus I sebesar 88% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II, aspek keterampilan pada siklus I sebesar 100%; (2) Penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa pada materi pokok hidrolisis siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017. Ketercapaian siswa dengan kategori kemampuan analisis tinggi pada sikulus I sebesar 62% dan meningkat menjadi 76% pada siklus II. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, GI, Prestasi Belajar, Kemampuan Analisis, Hidrolisis.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: L Education > L Education (General)
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 16 Oct 2017 16:19
      Last Modified: 16 Oct 2017 16:19
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35144

      Actions (login required)

      View Item