PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LUAS PERMUKAAN SERTA VOLUME PRISMA DAN LIMAS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2016/2017

Azizah, Fathina Rossy (2017) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LUAS PERMUKAAN SERTA VOLUME PRISMA DAN LIMAS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANYUDONO TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (540Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (16Kb)

      Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) manakah yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik antara pembelajaran matematika dengan menggunakan model PBL atau dengan model pembelajaran langsung; (2) manakah yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik antara siswa dengan kemandirian belajar tinggi atau sedang, antara siswa dengan kemandirian belajar tinggi atau rendah, dan antara siswa dengan kemandirian belajar sedang atau rendah; (3) pada masing-masing tingkatan kemandirian belajar, manakah yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik antara siswa yang memperoleh model pembelajaran PBL atau siswa yang memperoleh model pembelajaran langsung; dan (4) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik antara siswa dengan kemandirian belajar tinggi atau sedang, antara siswa dengan kemandirian belajar tinggi atau rendah, dan antara siswa dengan kemandirian belajar sedang atau rendah pada materi luas permukaan serta volume prisma dan limas siswa kelas VIII SMP N 2 Banyudono Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyudono. Sampel yang terpilih adalah siswa kelas VIII E dan VIII F dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x3.Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket untuk data kemandirian belajar siswa dan teknik tes untuk data prestasi belajar siswa. Analisis data menggunakan uji anava dua jalan dengan frekuensi sel tak sama, kemudian dilanjutkan dengan uji komparasi ganda menggunakan metode Scheffe dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini (1)model pembelajaran PBL menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung; (2) siswa dengan kemandirian belajar tinggi menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan kemandirian belajar sedang maupun rendah, sedangkan siswa dengan kemandirian belajar sedang menghasilkan prestasi belajar yang sama baiknya dengan siswa dengan kemandirian belajar rendah; (3) pada masing-masing tingkat kemandirian belajar, pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PBL menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran langsung; dan (4) pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan kemandirian belajar tinggi menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan kemandirian belajar sedang sedangkan siswa dengan kemandirian belajar sedang menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan siswa dengan kemandirian belajar rendah pada materi luas permukaan serta volume prisma dan limassiswa kelas VIII SMP N 2 Banyudono. Kata kunci : model PBL, kemandirian belajar, prestasi belajar

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: Q Science > QA Mathematics
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
      Depositing User: faizah sarah yasarah
      Date Deposited: 16 Oct 2017 16:13
      Last Modified: 16 Oct 2017 16:13
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35143

      Actions (login required)

      View Item