PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DILENGKAPI HIERARKI KONSEP DAN PETA KONSEP SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA SISWA KELAS XI IPA 2 SEMESTER GENAP SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Rohmah, Dini Novi (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DILENGKAPI HIERARKI KONSEP DAN PETA KONSEP SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA SISWA KELAS XI IPA 2 SEMESTER GENAP SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (433Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (86Kb)

      Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi sosial dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Karanganyar pada materi larutan penyangga dengan penerapan model pembelajaran Problem Solving dilengkapi hierarki dan peta konsep. Penelitan yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas dan terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya terdapat empat tahap yaitu, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitiannya adalah kelas XI IPA 2 SMA N 2 Karanganyar tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dan deskriptif. Data pada penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan interaksi sosial siswa mengalami peningkatan dari presentase siswa tuntas sebesar 92,1% pada siklus I dan meningkat menjadi 94,7% pada siklus II. Prestasi belajar siswa dapat dilihat pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Berdasarkan hasil tes siklus I ketercapaian aspek sikap pada siklus I sebesar 84,2% dan meningkat menjadi 94,7% pada siklus II. Ketercapaian aspek pengetahuan siswa sebesar 39,4% dan meningkat 68,4% pada siklus II. Ketercapaian aspek keterampilan sebesar 92,1%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran problem solving dilengkapi hierarki dan peta konsep dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa dan prestasi belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI IPA 2 SMA N 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata Kunci : Problem solving, hierarki konsep, peta konsep, interaksi sosial dan prestasi belajar, larutan penyangga.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: L Education > L Education (General)
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 16 Oct 2017 15:51
      Last Modified: 16 Oct 2017 15:51
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35134

      Actions (login required)

      View Item