PENERAPAN MEDIA FILM PENDEK UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ERIVIANTO, DESTYANA (2017) PENERAPAN MEDIA FILM PENDEK UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (366Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (88Kb)

      Abstract

      Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatan minat dan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 5 Surakarta melalui penerapan media film pendek pada mata pelajaran sosiologi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 5 Surakarta sebanyak 32 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik utama dalam pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sementara teknik pendukung dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media film pendek pada mata pelajaran sosiologi dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X IPS 1, yang dimulai dari tahap prasiklus, siklus 1, sampai siklus 2. Hasil rata-rata minat seluruh siswa 1,85 pada tahap pra siklus, meningkat menjadi 2,8 pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 3,5 pada siklus II. Pencapaian minat setiap siswa pada prasiklus yaitu 23 siswa memiliki minat rendah, 6 siswa memiliki minat sedang dan 3 siswa memiliki minat tinggi. Pencapaian minat setiap siswa pada siklus I yaitu 13 siswa yang mempunyai minat tinggi, 18 siswa yang mempunyai minat sedang dan hanya 1 siswa yang memiliki minat rendah. Pencapaian minat setiap siswa siklus II yaitu 9 siswa yang memiliki minat yang sangat tinggi, 20 siswa yang mempunyai minat tinggi dan 3 siswa yang memiliki minat sedang. Hasil belajar di dalam kelas X IPS 1 terbagi atas 3 ranah, yang pertama ranah kognitif menunjukkan rata-rata 67,5 pada tahap pra siklus, meningkat 74 pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 84 pada siklus II. Kedua ranah afektif yaitu mengenai minat belajar yang telah disajikan diatas. Ketiga yaitu ranah psikomotorik menunjukkan presentase 43,75% pada tahap pra siklus meningkat menjadi 66,6 % pada siklus I, dan kembali meningkat menjadi 94,8 % pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media film pendek dapat meningkatkan minat dan hasil belajar pada mata pelajaran sosiologi siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 5 Surakarta pada tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Film Pendek, Minat dan Hasil Belajar

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: L Education > L Education (General)
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sosiologi Antropologi
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 16 Oct 2017 15:34
      Last Modified: 16 Oct 2017 15:34
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35131

      Actions (login required)

      View Item