Komunikasi Dialogis Dalam Menyelesaikan Konflik Lahan

MAULANA, ANGGA ARYUDA (2017) Komunikasi Dialogis Dalam Menyelesaikan Konflik Lahan. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1172Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (153Kb)

      Abstract

      Angga Aryuda Maulana. NIM: S231408003. 2016. KOMUNIKASI DIALOGIS DALAM MENYELESAIKAN KONFLIK LAHAN” (Studi Kasus: Proses Penyelesaian Konflik Antara PT. Kereta Api Indonesia Daop II Bandung dengan Warga Masyarakat Kelurahan Kebon Jeruk, Kota Bandung). TESIS. Pembimbing I: Drs. Sudarmo, M.h., Ph.D. Pembimbing II: Dr. Andre Rahmanto, S.Sos., M.Si. Magister Ilmu Komunikasi (Manajemen Ilmu Komunikasi), Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret. Salah satu konflik yang beberapa bulan lalu terjadi di Bandung adalah konflik antara perusahaan atau badan usaha milik negara (BUMN) yaitu PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan warga masyarakat di Kelurahan Kebon Jeruk, Kota Bandung, berkaitan dengan masalah kepemilikan lahan milik PT KAI yang selama ini dihuni oleh masyarakat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penyebab konflik dan solusi konflik yang terjadi antara PT. Kereta Api Indonesia dengan masyarakat Kelurahan Kebon Jeruk, Kota Bandung. Dalam penyelesaian konflik sengketa lahan ini dilakukan komunikasi interpersonal, komunikasi dialogis, dan proses mediasi untuk mendapatkan solusi yang tepat dari kedua belah pihak yang komprehensif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan sampel/informan yang digunakan adalah purposive sampling yang terdiri dari masyarakat yang bertempat tinggal di daerah Kelurahan Kebon Jeruk, Kota Bandung dan pihak PT KAI Daop II Bandung yang terlibat dalam konflik dan mengikuti mediasi. Bentuk konflik yang terjadi antara PT. KAI Daop II Bandung dengan warga masyarakat Kelurahan Kebon Jeruk adalah konflik antar kelompok. Dimana terjadi bentrok antara pihak eksekutor dari PT. KAI dengan warga dalam upaya mempertahankan lahan yang diklaim sebagai miliknya. Konflik ini muncul ketika PT. KAI berupaya untuk menginventarisasi kembali aset PT KAI yang berupa tanah-tanah PT. KAI untuk difungsikan kembali sebagai jalur kereta api dengan cara melaksanakan sertifikasi tanah-tanah aset milik PT. KAI (Persero) dengan tujuan sebagai pengamanan aset-aset Negara. Pada ahirnya warga Kelurahan Kebon Jeruk melakukan proses mediasi oleh mediator pada saat sesudah terjadi dialog. Dialog yang dilakukan oleh kedua belah pihak melalui komunikasi interpersonal terlebih dahulu, di mana pihak PT. KAI melakukan komunikasi secara personal kepada warga untuk mendapatkan solusi, setelah itu kemudian dilakukan dialog secara kelompok antara kedua belah pihak melalui proses mediasi. Secara keseluruhan sebenarnya respon yang ditunjukkan oleh masyarakat terhadap proses mediasi ini cenderung negatif. Kata Kunci : Interpersonal, Dialogis, Mediasi

      Item Type: Thesis (Masters)
      Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
      Divisions: Pasca Sarjana
      Depositing User: faizah sarah yasarah
      Date Deposited: 16 Oct 2017 15:13
      Last Modified: 16 Oct 2017 15:13
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35121

      Actions (login required)

      View Item