Pembuatan 3D Virtual Reality Museum Sangiran Klaster Dayu Study Kasus Terbentuk dan Terkuaknya Fossil Lapisan Tanah Pada Kubah Sangiran

Q, AHMAD MIFTAKUL (2017) Pembuatan 3D Virtual Reality Museum Sangiran Klaster Dayu Study Kasus Terbentuk dan Terkuaknya Fossil Lapisan Tanah Pada Kubah Sangiran. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (817Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (341Kb)

      Abstract

      Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi menggunakan teknologi Virtual Reality dengan membuat bentuk Virtual Reality Museum Sangiran Klaster Dayu studi kasus Sejarah terbentuk dan terkuaknya fosil lapisan tanah pada kubah Sangiran, aplikasi ini dibuat untuk menyelesaikan masalah masih belum maksimalnya edukasi dalam pengenalan sejarah terbentuknya lapisan tanah pada kubah Sangiran serta dapat dijadikan sebagai media promosi dan meningkatkan daya tarik masyarakat terhadap wisata edukasi yang terdapat di Kabupaten Sragen khususnya di museum Sangiran klaster Dayu. Dalam proses pembuatanya aplikasi Virtual Reality museum Sangiran klaster Dayu ini menggunakan teknologi Virtual Reality dengan bertujuan menyelesaikan masalah yaitu masalah masih belum maksimalnya edukasi dalam pengenalan sejarah terbentuknya lapisan tanah pada kubah Sangiran, pemahaman akan perkembangan makhluk hidup pada zaman dahulu serta sejarah lapisan tanah yang ada di tanah Sangiran yang tersaji di dalam Museum Sangiran Klaster Dayu di Kabupaten Sragen. Objek yang penulis ambil tentang fosil-fosil hewan purba yaitu banteng purba dan gajah purba, manusia purba, dan alat-alat yang digunakan oleh manusia purba sebagai alat bantu kehidupan, ruang animasi yang menceritakan tentang sejarah proses terbentuk dan terkuaknya fosil lapisan tanah pada kubah Sangiran, dan objek di ruang pamer 1 Museum Sangiran Klater Dayu. Metodologi yang digunakan yaitu Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Software utama yang penulis gunakan adalah unity game Engine. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi Virtual Reality Museum Sangiran Klaster Dayu berbentuk file .apk yang dijalankan pada platform Android yang memiliki spesifikasi minimal di snapdragon 305, Processor quad-core 1,3 GHz, (1,5 GB RAM), serta memiliki sensor gyroscope. Dari hasil kuisioner yang telah dilakukan terhadap 32 responden, total hasil rata-rata dari semua aspek yaitu, 58,24% setuju, 20% sangat setuju, 19,96% cukup setuju, 1,8% kurang setuju, 0% tidak setuju, dapat disimpulkan bahwa aplikasi Virtual Reality museum Sangiran klaster Dayu ini responden mayoritas berpendapat setuju dan bagus atas apa yang disajikan dalam aplikasi ini namun tetunya harus perlu ditingkatkan lagi. Virtual Reality Museum Sangiran Klaster Dayu diharapkan mampu menciptakan suasana museum beserta ruang animasi yang edukatif dan informatif, sehingga dapat menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke wisata edukatif Museum Sangiran Klaster Dayu. Kata Kunci: Virtual Reality , 3D, Unity3D, Android

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
      Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
      Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Ilmu Komputer
      Depositing User: faizah sarah yasarah
      Date Deposited: 16 Oct 2017 15:09
      Last Modified: 16 Oct 2017 15:09
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35119

      Actions (login required)

      View Item