Studi Eksplorasi Pelaksanaan Authentic Assessment pada Implementasi Kurikulum 2013 SMA di Surakarta

Aurorana, Aurorana (2017) Studi Eksplorasi Pelaksanaan Authentic Assessment pada Implementasi Kurikulum 2013 SMA di Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (587Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (208Kb)

      Abstract

      Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Penilaian Autentik di dalam pembelajaran kimia yang telah dilaksanakan di beberapa sekolah yang telah menerapkan kurikulum 2013 di kota Surakarta. Penelitian yang telah dilakukan merupakan penelitian deskriptif kualitatif berupa Exploratory Case Study Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA yang ada di Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan berupa wawancara, observasi, dan analisa dokumen. Data yang diperoleh dianalisa secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa SMA A telah melaksanakan penilaian autentik berupa jurnal, tes tertulis, tes lisan, penugasan, praktek, proyek, dan produk dengan capaian berturut-turut 83,33%, 100,00%, 75,00%, 91,67%, 75,00%, 75,00%, dan 62,50%. SMA B telah melaksanakan penilaian autentik berupa jurnal, tes tertulis, penugasan, dan praktek dengan capaian berturut-turut 25,00%, 100,00%, 66,67%, dan 35,00%. SMA C telah melaksanakan penilaian autentik berupa jurnal, tes tertulis, tes lisan, penugasan, praktek, proyek, dan produk dengan capaian berturut-turut 66,67%, 100,00%, 25,00%, 66,67%, 75,00%, 70,00%, dan 62,50%. Kata kunci: Authentic Assessment, Kurikulum 2013, Pembelajaran Kimia.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: L Education > L Education (General)
      Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
      Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
      Depositing User: rifqi imaduddin
      Date Deposited: 16 Oct 2017 14:59
      Last Modified: 16 Oct 2017 14:59
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35115

      Actions (login required)

      View Item