Aplikasi Edible Coating Alginat-Kitosan dengan Inkorporasi Minyak Atsiri Daun Kayu Manis (Cinnamomum burmanii) terhadap Kualitas Cabai Rawit (Capsicum frutescens Linn.) Selama Penyimpanan Suhu Ruang

Pujasakti Y, Aditya (2017) Aplikasi Edible Coating Alginat-Kitosan dengan Inkorporasi Minyak Atsiri Daun Kayu Manis (Cinnamomum burmanii) terhadap Kualitas Cabai Rawit (Capsicum frutescens Linn.) Selama Penyimpanan Suhu Ruang. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (20Kb)

    Abstract

    Cabai rawit (Capsicum frutescens L.) merupakan komoditas sayuran yang hampir selalu diperlukan oleh masyarakat Indonesia. Cabai segar mempunyai daya simpan yang singkat. Maka diperlukan penanganan untuk menghambat proses metabolisme menggunakan metode atmosfer terkendali yaitu penggunaan bahan pelapis (coating). Penelitian edible coating di Indonesia sudah cukup banyak, tetapi masih perlu dieksplorasi untuk mendapatkan formula yang sesuai dengan memanfaatkan biopolimer yang karakteristiknya cocok. Oleh karena itu, penelitian edible coating alginat-kitosan dengan inkorporasi minyak atsiri daun kayu manis (Cinnamomum burmanii) sebagai senyawa aktif agen antimikroba perlu dilakukan dengan aplikasinya pada cabai rawit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan edible coating alginat-kitosan (AK) dan penggunaan edible coating alginat-kitosan dengan inkorporasi minyak atsiri daun kayu manis (AKM) terhadap kualitas cabai rawit selama 12 hari penyimpanan pada suhu ruang (25-28¬¬¬¬oC). Analisis ANOVA signifikansi 5% menunjukkan bahwa penggunaan edible coating AK berpengaruh signifikan terhadap intensitas warna, susut bobot pada hari ke-3, dan kadar DPPH pada hari ke-0 dan hari ke-9. Sedangkan penggunaan edible coating AKM berpengaruh signifikan terhadap susut bobot, warna, kekerasan, kadar DPPH pada hari ke-0 dan hari ke-6, kadar vitamin C pada hari ke-9, dan total mikroba pada hari ke-12 selama penyimpanan 12 hari pada suhu ruang.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu dan Teknologi Pangan
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 14 Oct 2017 08:38
    Last Modified: 14 Oct 2017 08:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35091

    Actions (login required)

    View Item