STUDI KARAKTERISTIK DEMOGRAFI ANGKATAN KERJA DI DESA JERUKSAWIT DAN DESA WONOREJO KECAMATAN GONDANGREJO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2015 ( Sebagai Suplemen Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Geografi Sekolah Menengah Atas Kelas XI Kompetensi Dasar Menganalisis Dinamika dan Masalah Kependudukan Serta Sumber Daya Manusia di Indonesia Untuk Pembangunan )

DANA, VICKY F ARYA (2017) STUDI KARAKTERISTIK DEMOGRAFI ANGKATAN KERJA DI DESA JERUKSAWIT DAN DESA WONOREJO KECAMATAN GONDANGREJO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2015 ( Sebagai Suplemen Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Geografi Sekolah Menengah Atas Kelas XI Kompetensi Dasar Menganalisis Dinamika dan Masalah Kependudukan Serta Sumber Daya Manusia di Indonesia Untuk Pembangunan ). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1075Kb)

    Abstract

    Vicky Fariz Arya Dana. K5410063. STUDI KARAKTERISTIK DEMOGRAFI ANGKATAN KERJA DI DESA JERUKSAWIT DAN DESA WONOREJO KECAMATAN GONDANGREJO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2015 ( Sebagai Suplemen Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Geografi Sekolah Menengah Atas Kelas XI Kompetensi Dasar Menganalisis Dinamika dan Masalah Kependudukan Serta Sumber Daya Manusia di Indonesia Untuk Pembangunan ). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret. 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui karakteristik demografi angkatan kerja di Desa Jeruksawit Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar tahun 2015, (2) Mengetahui karakteristik demografi angkatan kerja di Desa Wonorejo di Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar tahun 2015, (3) Mengetahui perbedaan karakteristik demografi angkatan kerja di Desa Jeruksawit dan Desa Wonorejo di Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar tahun 2015, (4) Mengetahui manfaat penelitian ini bagi mata pelajaran geografi kelas XI Kompetensi Dasar Menganalisis Dinamika dan Masalah Kependudukan Serta Sumber Daya Manusia di Indonesia Untuk Pembangunan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi (1) observasi langsung, (2) wawancara, dan (3) analisis dokumen. Berdasarkan analisis data, dapat disajikan hasil penelitian sebagai berikut: (1) Angkatan kerja di Desa Jeruksawit didominasi oleh laki-laki yang belum kawin. Tingkat pendidikan angkatan kerja di Desa Jeruksawit didominasi oleh tingkat pendidikan SD. Tingkat pendidikan dengan pengangguran terbanyak terdapat pada tingkat pendidikan SD. (2) Angkatan kerja di Desa Wonorejo didominasi oleh laki-laki yang sudah kawin. Berdasarkan tingkat pendidikan formal, angkatan kerja di Desa Wonorejo paling banyak berpendidikan SMK. Tingkat pendidikan dengan pengangguran terbanyak terdapat pada tingkat pendidikan SMP dan SMA (3) Angkatan kerja di Desa Jeruksawit didominasi oleh laki-laki yang belum kawin, sedangkan di Desa Wonorejo didominasi oleh laki-laki yang sudah kawin. Jumlah angkatan kerja yang bekerja sektor pertanian di Desa Jeruksawit lebih dominan dibanding dengan Desa Wonorejo. (4) Manfaat penelitian ini adalah sebagai suplemen bahan ajar mata pelajaran geografi kelas XI khususnya pada Kompetensi Dasar menganalisis dinamika dan masalah kependudukan serta sumber daya manusia di Indonesia untuk pembangunan. Kata Kunci: Angkatan Kerja, Pengangguran, Penduduk, Demografi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Annisa Fitri T
    Date Deposited: 13 Oct 2017 22:26
    Last Modified: 13 Oct 2017 22:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35079

    Actions (login required)

    View Item