Uji Kadar Total Fenolik Dan Aktivitas Antioksidan Pada Berbagai Konsentrasi Cairan Penyari Ekstrak Etanol Daun Ubi Jalar Ungu (Ipomea batatas (L.) Lam.)

MAULIDA, SYIFA SAFIRA (2017) Uji Kadar Total Fenolik Dan Aktivitas Antioksidan Pada Berbagai Konsentrasi Cairan Penyari Ekstrak Etanol Daun Ubi Jalar Ungu (Ipomea batatas (L.) Lam.). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (491Kb)

    Abstract

    UJI KADAR TOTAL FENOLIK DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN PADA BERBAGAI KONSENTRASI CAIRAN PENYARI EKSTRAK ETANOL DAUN UBI JALAR UNGU (Ipomea batatas (L.) Lam.) SYIFA SAFIRA MAULIDA Jurusan D3 Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret INTISARI Daun ubi jalar ungu memiliki aktivitas antioksidan yang potensial dan besarnya aktivitas antioksidannya dipengaruhi oleh besarnya kandungan senyawa fenolik dan flavonoid totalnya. Perbedaan metode dan cairan penyari ekstraksi yang digunakan menyebabkan perbedaan kadar dan jenis senyawa fenolik serta flavonoid yang akan diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi etanol yang efektif untuk menghasilkan ekstrak daun ubi jalar dengan kadar total fenolik dan aktivitas antioksidan tertinggi serta korelasi antara kadar total fenolik dan aktivitas antioksidan ekstrak ubi jalar ungu. Ekstrak diperoleh dengan metode maserasi. Penelitian ini menggunakan metode spektrofotometri dengan reagen Folin-Ciocalteau untuk menguji kadar total polifenol serta reagen DPPH untuk menguji aktivitas antioksidan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan total fenolik terbesar didapatkan pada ekstrak etanol 70% sebesar 11,341% b/v dan aktivitas antioksidan tertinggi pada ekstrak etanol 30% sebesar 84,66%. Tidak ada korelasi yang signifikan (P > 0,05) antara kadar total fenolik dengan aktivitas antioksidan. Kata Kunci : Daun ubi jalar ungu, optimasi, kandungan fenolik, aktivitas antioksidan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Farmasi
    Depositing User: Annisa Fitri T
    Date Deposited: 13 Oct 2017 22:03
    Last Modified: 13 Oct 2017 22:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35072

    Actions (login required)

    View Item