PENGARUH VARIASI KONSENTRASI CARBOPOL SEBAGAI GELLING AGENT TERHADAP SIFAT FISIK DAN SIFAT KIMIA GEL EKSTRAK DAUN UBI JALAR UNGU (Ipomoea batatas (L.) Lam.)

NURLAILI, SILMINA (2017) PENGARUH VARIASI KONSENTRASI CARBOPOL SEBAGAI GELLING AGENT TERHADAP SIFAT FISIK DAN SIFAT KIMIA GEL EKSTRAK DAUN UBI JALAR UNGU (Ipomoea batatas (L.) Lam.). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (380Kb)

    Abstract

    Daun ubi jalar ungu banyak digunakan sebagai obat jerawat secara tradisional oleh masyarakat. Salah satu kandungan senyawa yang memiliki aktivitas antibakteri penyebab jerawat yaitu polifenol. Untuk meningkatkan efektivitas penggunaan daun ubi jalar ungu sebagai obat jerawat maka perlu dilakukan formulasi, salah satunya dibuat menjadi sediaan gel. Salah satu gelling agent yang banyak digunakan adalah carbopol, penggunaan carbopol dengan konsentrasi tertentu dapat berpengaruh terhadap sifat fisik dan kimia gel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi konsentrasi carbopol (1%, 3% dan 5%) terhadap sifat fisik dan sifat kimia gel ekstrak daun ubi jalar ungu serta menentukan formulasi terbaiknya. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimental laboratorium. Data dianalisis dengan pendekatan teori dan statistik menggunakan SPSS 19.0 uji one way ANOVA dan Kruskal Wallis. Hasil uji menunjukkan bahwa kandungan polifenol dalam ekstrak daun ubi jalar ungu adalah 11,315%. Konsentrasi carbopol berpengaruh terhadap sifat fisika dan kimia gel, semakin tinggi konsentrasi carbopol maka pH sediaan cenderung semakin rendah, viskositas gel semakin meningkat dan daya lekatnya semakin lama namun daya sebarnya justru semakin rendah. Formula 2 dengan carbopol 3% memiliki viskositas (20-40 dpas) dan daya sebar yang paling baik (5-7 cm) dan stabil, sementara formula 3 dengan carbopol 5% memiliki organoleptis yang stabil dan daya lekat paling baik (>4 detik).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Farmasi
    Depositing User: Annisa Fitri T
    Date Deposited: 13 Oct 2017 21:48
    Last Modified: 13 Oct 2017 21:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35067

    Actions (login required)

    View Item