Analisis Audit Sosial PT Batik Danar Hadi Divisi Ekspor dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan

SAFIRA, SALSA DEA (2017) Analisis Audit Sosial PT Batik Danar Hadi Divisi Ekspor dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (689Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah – langkah audit sosial yang dilakukan oleh PT Batik Danar Hadi divisi ekspor serta untuk mengetahui manfaat yang di peroleh PT Batik Danar Hadi divisi ekspor setelah melaksanakan audit sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu dengan menggambarkan keadaan objektif secara sistematis, faktual dan akurat mengenai obyek yang diteliti. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui hasil wawancara dan observasi. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumentasi perusahaan. Dari hasil wawancara dan observasi yang dilengkapi dengan dokumentasi, menunjukkan bahwa audit sosial merupakan syarat baru perusahaan besar Amerika yang ditujukan kepada pemasok dari luar Amerika dengan tujuan untuk mengukur kredibilitas perusahaan pemasok. Terdapat lima langkah dalam audit sosial yaitu tahap persiapan audit, tahap pelaksanaan audit, tahap pasca audit, tahap pengiriman hasil audit dan tahap evaluasi hasil. Adapun manfaat yang diperoleh PT Batik Danar Hadi divisi ekspor setelah melaksanakan audit sosial, yaitu hasil audit dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi perusahaan, membangun kepercayaan pelanggan, membentuk loyalitas pelanggan, sebagai media promosi serta menjadikan perusahaan lebih unggul. Dalam penelitian ini, penulis menyarankan perusahaan untuk memperbaiki kekurangan – kekurangan perusahaan pada hasil audit, terus menjunjung tinggi kesejahteraan karyawan, serta lebih mempertahankan loyalitas pelanggannya dengan cara menjalin hubungan baik dengan pelanggannya serta memberikan potongan harga kepada konsumen yang melakukan pembelian jangka panjang agar pelanggan tetap memilih PT Batik Danar Hadi sebagai pemasok batik di Indonesia. Kata Kunci : Audit Sosial, Loyalitas Pelanggan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Annisa Fitri T
    Date Deposited: 13 Oct 2017 21:36
    Last Modified: 13 Oct 2017 21:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35062

    Actions (login required)

    View Item