Perbedaan Manajemen Impresi pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret yang Aktif dan Tidak Aktif Menggunakan Facebook ditinjau dari Harga Diri

SEPTIANDARI, ADITYA (2017) Perbedaan Manajemen Impresi pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret yang Aktif dan Tidak Aktif Menggunakan Facebook ditinjau dari Harga Diri. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (301Kb)

    Abstract

    Manajemen impresi merupakan sebuah proses ketika individu berusaha mengarahkan orang lain untuk berpikir mengenai dirinya dengan cara berperilaku dalam cara-cara yang dirancang untuk menciptakan kesan yang baik atau kesan bahwa perilaku tersebut sesuai dengan satu pandangan. Individu yang melakukan manajemen impresi beresiko melakukan kebohongan dan falsifikasi diri. Bagaimana individu menilai dirinya serta intensitas individu menggunakan facebook menjadi faktor yang mempengaruhi perilaku manajemen impresi individu di facebook ,sehingga perbedaan pada kedua hal tersebut akan mengarahkan perilaku manajemen impresi yang berbeda pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan manajemen impresi pada mahasiswa yang aktif dan tidak aktif menggunakan facebook ditinjau dari harga diri. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret dengan rentang usia 16-22 tahun. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 95 orang yang terdiri dari 54 orang mahasiswa aktif menggunakan facebook dan 45 orang mahasiswa tidak aktif menggunakan facebook.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala manajemen impresi (r= 0,891), skala harga diri (r = 0,930), dan skala intensitas menggunakan facebook (r= 0,869). Hasil analisis data menggunakan uji anova dua jalur menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan manajemen impresi yang signifikan pada mahasiswa yang aktif dan tidak aktif menggunakan facebook ditinjau dari harga diri (F_hitung= 0,734, p < 0,05). Analisis data selanjutnya menggunakan uji t. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan manajemen impresi pada mahasiswa yang aktif dan tidak aktif menggunakan facebook (t_hitung= 2,781, p < 0,05); serta tidak terdapat perbedaan manajemen impresi ditinjau dari harga diri pada mahasiswa (t_hitung = 1.104, p < 0,05). Kata kunci: manajemen impresi, harga diri, mahasiswa, facebook

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
    Depositing User: Faricha Rizqi
    Date Deposited: 13 Oct 2017 21:12
    Last Modified: 13 Oct 2017 21:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35052

    Actions (login required)

    View Item