Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS Pada Pelayanan di Instalasi Farmasi RSUD Sukoharjo

NURMITTA, ADILLA (2017) Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS Pada Pelayanan di Instalasi Farmasi RSUD Sukoharjo. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (448Kb)

    Abstract

    ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PESERTA BPJS PADA PELAYANAN DI INSTALASI FARMASI RSUD SUKOHARJO ADILLA NURMITTA PRADANA Program Studi D3 Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret INTISARI Kepuasan pasien merupakan suatu hal yang tergantung pada masing-masing individu dan kepuasan pasien dapat terpenuhi apabila pelayanan yang diberikan sesuai dengan harapan. Data kunjungan pasien rawat jalan peserta BPJS di instalasi farmasi pada tahun 2017 mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS pada pelayanan di instalasi farmasi RSUD Sukoharjo. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian diskriptif non eksperimental dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan indikator lima dimensi service quality (SERVQUAL) yaitu Reliabillity, Responsiveness, Assurance, emphaty dan Tangibles. Kuesioner yang digunakan sudah memenuhi uji validitas dan reliabilitas. Kuesioner diberikan kepada 371 pasien rawat jalan peserta BPJS yang pernah berkunjung minimal 2 kali pada instalasi farmasi dan berusia diatas 17 tahun. Tingkat kepuasan pasien diketahui dengan membandingkan nilai kinerja instalasi farmasi yang dirasakan pasien dengan harapan yang diinginkan pasien. Hasil dari penelitian ini adalah untuk dimensi reliability sebesar 84,11%, dimensi respnsiveness sebesar 89,27%, dimensi assurance sebesar 88,82%, dimensi empathy sebesar 90,11% dan dimensi tangible sebesar 92,18%. Dari kelima dimensi dapat dikatakan pasien rawat jalan peserta BPJS merasa puas terhadan pelayanan yang diberikan oleh instalasi farmasi rawat jalan RSUD Sukoharjo. Kata Kunci : kepuasan, pasien BPJS, instalasi farmasi, RSUD Sukoharjo

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Farmasi
    Depositing User: Faricha Rizqi
    Date Deposited: 13 Oct 2017 23:01
    Last Modified: 13 Oct 2017 23:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35041

    Actions (login required)

    View Item