Upaya Meningkatkan Minat Nasabah Melalui Produk Tabungan Pada PT. BPR Ekadharma Binaraharja

NUGROHO, ADI (2017) Upaya Meningkatkan Minat Nasabah Melalui Produk Tabungan Pada PT. BPR Ekadharma Binaraharja. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (472Kb)

    Abstract

    ABSTRAK UPAYA MENINGKATKAN MINAT NASABAH MELALUI PRODUK TABUNGAN PADA PT. BPR EKADHARMA BINARAHARJA ADI NUGROHO SULAKSONO F3614002 Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan jumlah nasabah menabung, serta mengetahui upaya yang dilakukan untuk meningkatkan minat nasabah menabung. Minat merupakan suatu ketertarikan perasaan seseorang terhadap suatu objek. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan penelitian langsung, yaitu dengan melakukan penelitian objek secara langsung sehingga data yang didapat asli dari sumber terpercaya dengan teknik wawancara, observasi, studi pustaka dan menggunakan teknik pembahasan analisis deskriptif. Perkembangan jumlah nasabah menabung dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan nasabah. Sehingga menimbulkan profitabilitas PT. BPR Ekadharma Binaraharja juga mengalami peningkatan yang lebih baik. Strategi promosi produk tabungan dilakukan dengan bersosialisasi ke tempat – tempat yang sudah mendapatkan izin, periklanan dalam bentuk pemasangan spanduk dan brosur, personal selling dengan mendatangi calon nasabah secara langsung, publisitas yang bertujuan menjaga hubungan baik dengan masyarakat, dan direct selling yang diharapkan pegawai maupun masyarakat bisa menyampaikan produk bank kepada calon nasabah baru melalui word of mouth. Saran bagi penelitian ini adalah bagi bank sebaiknya meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada bagian marketing, meningkatkan strategi promosi dengan cara melakukan sosialisasi, periklanan, strategi sales promotion, publisitas dan direct selling. Bank juga sebaiknya menjalin kerja sama dengan instansi terkait maupun sekolah-sekolah. Memberikan reward bagi nasabah yang memiliki saldo melibihi jumlah tertentu, serta memberikan fasilitas kartu Automated Teller Machine (ATM) agar PT. BPR Ekadharma Binaraharja berkembang menjadi bank yang diminati oleh masyarakat. Kata kunci : Minat, Upaya, Perkembangan Jumlah Nasabah, Tabungan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Keuangan Perbankan
    Depositing User: Faricha Rizqi
    Date Deposited: 13 Oct 2017 23:05
    Last Modified: 13 Oct 2017 23:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35036

    Actions (login required)

    View Item