Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Belanja Daerah, Dan Upah Minimum Kota (UMK) Terhadap Inflasi Di Provinsi Jawa Barat Pada Tahun 2008 – 2016

HAKIM, MEDANI (2017) Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Belanja Daerah, Dan Upah Minimum Kota (UMK) Terhadap Inflasi Di Provinsi Jawa Barat Pada Tahun 2008 – 2016. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (944Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh non moneter (PAD, Belanja Daerah, dan UMK) terhadap tingkat inflasi di Provinsi Jawa Barat pada tahun 2008 – 2016 dengan studi kasus di 7 kota IHK (Bekasi, Tasikmalaya, Cirebon, Bandung, Bogor, Sukabumi, dan Depok). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa data panel. Data diperoleh dari Kantor Perwakilan Wilayah (KPw) Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Badan Pusat Statistik (BPS) Pusat serta Provinsi Jawa Barat, dan Disnakertrans Provinsi Jawa Barat. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dengan bantuan aplikasi eviews 9. Model estimasi yang digunakan adalah fixed effect model dengan estimator Generalized Least Square. Hasil peneltian menunjukkan bahwa PAD dan Belanja Daerah positif berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat inflasi di Provinsi Jawa Barat pada tahun 2008 – 2016. Sedangkan, UMK tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap tingkat inflasi di Provinsi Jawa Barat pada tahun 2008 – 2016. Berdasarkan hasil tersebut, pemerintah daerah melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) perlu mengawasi realisasi pengalokasian PAD dan Belanja Daerah sehingga tidak berdampak pada tingkat inflasi serta meneruskan pengawasannya terhadap dampak dari naiknya UMK terhadap JUB yang dapat menyebabkan inflasi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Annisa Fitri T
    Date Deposited: 13 Oct 2017 12:12
    Last Modified: 13 Oct 2017 12:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35018

    Actions (login required)

    View Item