KECENDERUNGAN ARAH TENTANG PEMERINTAH DAERAH (Analisis Isi Kecenderungan Arah Berita Tentang Pemerintah Kabupaten Ngawi, Madiun dan Magetan Pada Radar Madiun Edisi 1 Juli 2014 Sampai Dengan 30 September 2014)

Wahono, Hari (2017) KECENDERUNGAN ARAH TENTANG PEMERINTAH DAERAH (Analisis Isi Kecenderungan Arah Berita Tentang Pemerintah Kabupaten Ngawi, Madiun dan Magetan Pada Radar Madiun Edisi 1 Juli 2014 Sampai Dengan 30 September 2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (89Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran tentang kecenderungan arah berita tentang pemerintah daerah yang ada di wilayah edar Radar Madiun pasca diberlakukannya otonomi daerah dan kebijakan redaksional yang diterapkan. Radar Madiun selalu menyajikan berita tentang pemerintah daerah di wilayah edarnya. Berita yang disajikan dapat bersifat positif, netral atau negatif, hal ini kemungkinan dipengaruhi berbagai hal yang berhubungan dengan masing-masing pemerintah daerah. Penelitian ini menggabungkan metode penelitain kuantitatif dan kualitatif secara bersamaan, penelitian dilakukan di kabupaten Ngawi, Madiun dan Magetan. Sampel dalam penelitian ini adalah berita tentang penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan pada lokus penelitian. Pengukuran kecenderungan arah berita mengikuti gagasan Stempel dalam Flournoy. Adapun kecenderungan arah berita ditentukan berdasarkan frekuensi masingmasing nada berita. Sedangkan untuk mengetahui Kebijakan Redaksional dilakukan wawancara dengan informan yang berkompeten dalam penyajian berita. Pada peneiltian ini dapat diketahui bahwa kecenderunga arah berita radar Madiun tidak sama antara satu daerah dengan daerah lain. Kondisi ini disamping karena masing-masing daerah memiliki ciri tertentu juga dipengaruhi oleh Kebijakan Redaksional yang diterapkan Radar Madiun. Berita yang disajikan Radar madiun tentang penyelenggaraan pemerintahan di kabupaten Ngawi memiliki kecenderungan netral, untuk kabupaten Madiun cenderung negatif dan netral untuk kabupaten Magetan. Sedangkan berita tentang pelaksanaan pembangunan di kabupaten Ngawi memiliki kecenderunga arah negatif, positif untuk kabupaten Madiun dan netral untuk kabupaten Magetan. Kebijakan redaksional dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain ideologi, politik, ekonomi dan kondisi sosial budaya masyarakat Kata Kunci : berita, kecenderungan arah berita, kebijakan redaksional

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: Zahrotun Hanifah
    Date Deposited: 13 Oct 2017 12:16
    Last Modified: 13 Oct 2017 12:16
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35017

    Actions (login required)

    View Item