PROSEDUR PELAYANAN RESERVASI KAMAR MELALUI TRAVEL AGENT, ONLINE TRAVEL AGENT, DAN COMPANY DI HOTEL ASTON MADIUN

P, MAYA ADHE (2017) PROSEDUR PELAYANAN RESERVASI KAMAR MELALUI TRAVEL AGENT, ONLINE TRAVEL AGENT, DAN COMPANY DI HOTEL ASTON MADIUN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (639Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Maya AdhePrasetyaningrum. C9414036. 2017. “ProsedurPelayananReservasiKamarMelalui Travel Agent, Online Travel Agent, dan Company di Hotel Aston Madiun”. Program Studi Diploma III Usaha PerjalananWisata. FakultasIlmuBudaya. UniversitasSebelasMaret Surakarta. Hotel merupakansalahsatu sarana di dalamduniapariwisata yang difungsikansebagaitempatuntukbersinggah, menginap, ataupuntempattinggalsementarawisatawan yang sedangmelakukanperjalananjauhuntukbeberapawaktu.Proses menginap di hotel tentuharusmelakukanreservasiterlebihdahulumelaluibeberapa media. Saatini, adabeberapa media yang memudahkanparawisatawanuntukmelakukanreservasikamar di suatu hotel. Media tersebutadalahreservasikamarmelaluitravel agent yang telahbekerjasamadenganpihak hotel, online travel agent, danjugacompany. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiprosedurpelayananreservasikamarmelaluitravel agent, online travel agent, dan company di Hotel Aston Madiun, kemudianuntukmengetahuikendaladansolusi yang dihadapiolehtimreservasidalammelakukanpelayananterhadaptamu di Hotel Aston Madiun. Penelitianinimenggunakanmetode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metodeobservasi yang dilakukanpadawaktumagangselama 3 bulan di Hotel Aston Madiununtukmengamaticara yang dilakukanstaff reservasidalammelayanireservasikamar. Metodewawancaradilakukanpadawaktumagangterhadap Supervisor Reservation danGuest Service Agent di Hotel Aston Madiun.Metodestudipustakadilakukanuntukmendapatkan data referensidaribuku di perpustakaan.Serta metodestudidokumenuntukmendapatkan data daripihak hotel berupaarsip hotel danprofil hotel. Hasildaripenelitianinimenggambarkan, menjelaskan, dan membandingkanprosedurpelayananreservasikamarmelaluitravel agent, online travel agent,dancompany yang ada di Hotel Aston Madiun.Mengetahuitentangkendala yang dihadapiolehtimreservasidalammelayanitamu yang melakukanreservasidanmemprosesreservasitersebut. Selainitu, dalampenelitianinijugadisertaidengansolusiterhadapkendala yang dihadapidalammelayanireservasikamarmelaluitravel agent, online travel agent,dancompany di Hotel Aston Madiun. Kesimpulandaripenelitianiniadalahprosedurpelayananreservasikamar yang ada di Hotel Aston Madiun melalui travel agent menggunakan voucher hotel, online travel agent dengan membalas email reservasi, dan company harus ada surat jaminan/perjanjian. Kendala yang dihadapi oleh tim reservasi berkaitan dengan keterlambatan dalam pengiriman data oleh pemesan. Solusi yang harus diterapkan dalam menghadapi kendala dengan selalu mengkonfirmasi ulang kepada pihak pemesan. Kata kunci :pelayanan,reservasi, komunikasi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Usaha Perjalanan Wisata
    Depositing User: Annisa Fitri T
    Date Deposited: 13 Oct 2017 12:08
    Last Modified: 13 Oct 2017 12:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/35016

    Actions (login required)

    View Item