OPTIMASI FORMULA SEDIAAN SNEDDS (SELF-NANOEMULSIFYING DRUG DELIVERY SYSTEM) DARI EKSTRAK KLOROFORM DAUN JAMBU BIJI(Psidium guajava Linn.)

DEWI, INTAN KUSUMA (2017) OPTIMASI FORMULA SEDIAAN SNEDDS (SELF-NANOEMULSIFYING DRUG DELIVERY SYSTEM) DARI EKSTRAK KLOROFORM DAUN JAMBU BIJI(Psidium guajava Linn.). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1160Kb)

    Abstract

    Daun Jambu biji digunakan secara turun-temurun untuk pengobatan berbagai penyakit. Ekstrak daun jambu biji memiliki kelarutan rendah yang berakibat pada bioavailabilitas oral yang kurang maksimal.Penelitian bertujuan untuk membuat sediaan SNEDDS ekstrak kloroform daun jambu biji yang homogen serta dapat memenuhi kriteria sebagai sediaan nanoemulsi meliputi nilai transmitansi lebih dari 90%, emulsification time kurang dari 1 menit, ukuran tetesan kurang dari 100nm dan extract loading yang tinggi . Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental yang dilakukan dengan mengekstraksi daun jambu biji menggunakan metode maserasi dengan pelarut kloroform.Kemudian dilakukan optimasi formulaSNEDDS yang homogen dengan program Design Expert. Dari sediaan yang homogen dilakukan pengamatan terhadap nilai transmitansinya untuk memilih formula terbaik. Kemudian dilakukan beberapa uji diantaranya pengamatan emulsification time, ukuran dan distribusi ukuran partikel, terhadap formula yang optimal. Hasil penelitian menunjukkan SNEDDS yang optimal memiliki perbandingan Tween 80 (surfaktan) :PEG 400 (kosurfaktan): minyak kemiri (minyak pembawa) = 1:5:1. Sediaan tersebut memiliki nilai transmitan sebesar 77,38% dan emulsification time¬ media aquades dan AGF kurang dari 5 menit. Sediaan SNEDDS tersebut dapat membentuk nanoemulsi dalam air dengan ukuran partikel sebesar14,0nm.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Farmasi
    Depositing User: Annisa Fitri T
    Date Deposited: 13 Oct 2017 11:20
    Last Modified: 13 Oct 2017 11:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34999

    Actions (login required)

    View Item