PENYUSUNAN DAKWAAN PENUNTUT UMUM SECARA ALTERNATIF DAN PUTUSAN HAKIM MELEBIHI TUNTUTAN PENUNTUT UMUM DALAM TINDAK PIDANA NARKOTIKA (Studi Putusan Pengadilan Negeri Magelang Nomor : 140/PID.SUS/2015/PN.MGG)

AINI, NUR (2017) PENYUSUNAN DAKWAAN PENUNTUT UMUM SECARA ALTERNATIF DAN PUTUSAN HAKIM MELEBIHI TUNTUTAN PENUNTUT UMUM DALAM TINDAK PIDANA NARKOTIKA (Studi Putusan Pengadilan Negeri Magelang Nomor : 140/PID.SUS/2015/PN.MGG). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (343Kb)

    Abstract

    Nur Aini, E0012287. 2016. PENYUSUNAN DAKWAAN PENUNTUT UMUM SECARA ALTERNATIF DAN PUTUSAN HAKIM MELEBIHI TUNTUTAN PENUNTUT UMUM DALAM TINDAK PIDANA NARKOTIKA (STUDI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI MAGELANG NOMOR : 140/PID.SUS/2015/PN.MGG) Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyusunan dakwaan Penuntut Umum secara alternatif telah tepat dan dasar pertimbangan hakim dalam menajtuhkan putusan melebihi tuntutan Penuntut Umum dalam tindak pidana narkotika sesuai dengan Pasal 183 jo. Pasal 193 ayat (1) KUHAP (Studi Putusan Pengadilan Negeri Magelang Nomor :140/PID.SUS/2015/PN.MGG). Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif.Jenis bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum dalam penelitian ini adalah dengan cara studi kepustakaan melalui pengumpulan peraturan perundang-undangan, buku, dan dokumen lain yang mendukung, diantaranya studi Putusan Pengadilan Negeri Magelang Nomor :140/PID.SUS/2015/PN.MGG. Penulisan hukum ini menggunakan analisis dengan metode deduksi silogismeyang berdasarkan dari pengajuan Premis Mayor yaitu Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana dan Premis Minor yaitu Putusan Pengadilan Negeri Magelang Nomor :140/PID.SUS/2015/PN.MGG, dari kedua premis tersebut saling dihubungkan selanjutnya dapat ditarik konklusi. Hasil dari Penelitian ini yakni Penuntut Umum dalam menyusun surat dakwaan secara altenatif dalam perakara ini kurang tepat karena tidak memenuhiketentuan Pasal 141 huruf b KUHAP. Akan lebih tepat apabila Penuntut Umum mengajukan dakwaan kumulasikarena terdapat dua dakwaan yang terpenuhi seluruh unsur-unsurnya. Serta dalam menjatuhkan putusan, dasar pertimbangan hukum hakim telah sesuai Pasal 183 jo. Pasal 193 ayat (1) KUHAP. Kata Kunci :dakwaanalternatif,putusan melebihi tuntutan, narkotika

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 13 Oct 2017 11:20
    Last Modified: 13 Oct 2017 11:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34998

    Actions (login required)

    View Item