Peningkatan Kualitas Pertumbuhan Dan Warna Ikan Guppy (Poecilia reticulata) Dengan Penambahan Tepung Wortel (Daucus carota)

K, IGNASIUS HARI (2017) Peningkatan Kualitas Pertumbuhan Dan Warna Ikan Guppy (Poecilia reticulata) Dengan Penambahan Tepung Wortel (Daucus carota). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (352Kb)

    Abstract

    Ikan guppy (Poecilia reticulata) merupakan ikan hias air tawar yang memiliki variasi warna menarik pada sirip dan ekornya. Agar ikan guppy dapat tumbuh optimal diperlukan pakan yang meningkatkan pertumbuhan dan warna pada ikan. Karotenoid pada wortel dapat meningkatkan warna ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh serta komposisi pemberian pakan cacing sutra kering (Tubifex sp.) “Kyoto” dengan penambahan tepung wortel (Daucus carota) yang optimal bagi ikan guppy. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap dengan empat perlakuan dan tiga kali ulangan. Pakan cacing sutra kering dihaluskan dan dicampurkan dengan tepung wortel dengan persentase 0%, 5%, 10%, dan 15% dan ditambah Carboxymethyl cellulose hingga merata dan dimasukan dalam cetakan lalu dikeringkan dengan oven suhu 650C selama 24 jam. Pakan ikan diberikan 2 kali sehari pada pukul 09.00 dan pukul 15.30 selama empat puluh hari. Pengamatan warna dilakukan pada hari ke 0, 10, 20, 30, dan ke 40 dengan metode skoring menggunakan skala warna skor 1 (oranye pucat), skor 2 ( oranye muda), skor 3 (oranye sedang), skor 4 (oranye tua). Data warna pada ekor dan sirip ikan dianalisis menggunakan uji Kruskal Wallis sementara data panjang dan bobot ikan dianalisis dengan ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian cacing sutra kering “Kyoto” dengan penambahan tepung wortel memberikan pengaruh perubahan intensitas warna pada ikan guppy red lace snakeskin. Perlakuan yang paling memberikan pengaruh optimal terhadap kualitas warna adalah pemberian pakan cacing sutra kering 85% dengan penambahan tepung wortel 15%. dengan hasil warna oranye tua. Kata Kunci : Poecilia reticulata, karotenoid, Tubifex sp, Daucus carota, warna ikan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
    Depositing User: Annisa Fitri T
    Date Deposited: 13 Oct 2017 11:07
    Last Modified: 13 Oct 2017 11:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34992

    Actions (login required)

    View Item