Optimasi Formula Sediaan SNEDDS (Self-Nanoemulsifying Drug Delivery System) dari Ekstrak Kloroform Daun Jambu Air (Syzygium aqueum (Burm.f.) Alston)

INSANY, HATY NURANY (2017) Optimasi Formula Sediaan SNEDDS (Self-Nanoemulsifying Drug Delivery System) dari Ekstrak Kloroform Daun Jambu Air (Syzygium aqueum (Burm.f.) Alston). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (706Kb)

    Abstract

    OPTIMASI FORMULA SEDIAAN SNEDDS (SELF-NANOEMULSIFYING DRUG DELIVERY SYSTEM) DARI EKSTRAK KLOROFORM DAUN JAMBU AIR (Syzygium aqueum (Burm.f.) Alston) Haty Nurany Insany Jurusan D3 Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret INTISARI Daun jambu air merupakan salah satu tanaman yang berkhasiat sebagai obat. Akan tetapi, ekstrak daun jambu air memiliki kelarutan yang rendah dan mempengaruhi bioavailabilitas oral yang kurang maksimal. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kelarutan ekstrak daun jambu air dengan memformulasikan ekstrak daun jambu air dalam sediaan Self-Nanoemulsifying Drug Delivery System (SNEDDS). Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimental yang dilakukan dengan mengekstraksi daun jambu air dengan metode maserasi menggunakan pelarut kloroform. Kemudian, dilakukan optimasi formula sediaan SNEDDS untuk menentukan sediaan yang homogen dengan menggunakan program DesignExpert versi 7.1.5. Hasil dari optimasi tersebut dilakukan pengamatan terhadap nilai transmitannya untuk memilih sediaan yang paling baik, serta dilakukan beberapa pengujian yang meliputi perhitungan waktu emulsifikasi, pengukuran stabilitas, pengamatan ukuran serta distribusi ukuran tetesan. Hasil sediaan SNEDDS yang optimal memiliki perbandingan minyak kemiri(minyak pembawa) : tween 80 (surfaktan) : PEG 400 (kosurfaktan) = 1: 5 : 1. Nilai transmitansinya sebesar 75,83% dengan waktu emulsifikasi kurang dari 5 menit. Sediaan SNEDDS tersebut dapat membentuk nanoemulsi dalam air dengan ukuran partikel antara 50-500 nm dan memiliki distribusi partikel yang cukup baik sehingga memenuhi kriteria sebagai nanoemulsi. Kata kunci : Ekstrak kloroform daun jambu air, minyak kemiri, SNEDDS

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Farmasi
    Depositing User: Annisa Fitri T
    Date Deposited: 13 Oct 2017 10:53
    Last Modified: 13 Oct 2017 10:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34986

    Actions (login required)

    View Item