Pengembangan Media Komik Sejarah Babad Wirasaba untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah Siswa SMA di Purbalingga

AJI, HANDIKA SASMITO (2017) Pengembangan Media Komik Sejarah Babad Wirasaba untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah Siswa SMA di Purbalingga. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (997Kb)

    Abstract

    Handika Sasmito Aji. 2017. Pengembangan Media Komik Sejarah Babad Wirasaba Untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah Siswa SMA Di Purbalingga. Tesis. Pembimbing I: Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd., Pembimbing II: Prof. Dr. Warto, M.Hum., Program Studi Magister Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis tingkat kesadaran sejarah siswa dan penggunaan media pembelajaran sejarah SMA di Purbalingga, (2) Mengembangkan media komik sejarah Babad Wirasaba (3) Menilai keefektifan penggunaan media komik sejarah Babad Wirasaba untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap nilai-nilai sejarah. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research and Devolepment) menggunakan model ADDIE dari Molenda. Prosedur penelitiannya adalah: (1) Tahap Pendahuluan, (2) Tahap Pengembangan meliputi, analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evalusai, (3) Tahap uji efektivitas. Pengujian produk pada tahap pengembangan dilakukan di SMA Negeri 1 Kemangkon. Tahapan uji eksperimen dilakukan di SMA Negeri 1 Bukateja. Pengumpulan data menggunakan wawancara, tes pengujian prestasi, dan angket sikap. Model uji validasi menggunakan model sekala Likert 1 sampai 5, dan pengujian efektivitas menggunakan Independent Sample T Test dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Tingkat kesadaran sejarah siswa SMA di Purbalingga masih rendah. Hal tersebut terjadi karena dalam proses belajar mengajar, guru fokus pada pencapaian ranah kognitif siswa. Peningkatan sikap kesadaran sejarah siswa diabaikan oleh guru pengajar. Siswa dalam proses belajar mengajar membutuhkan media yang mampu meningkatkan kesadaran sejarah yaitu komik sejarah. (2) Komik dikembangkan dengan mengikuti prosedur pengembangan. Hasil validasi media dengan rerata nilai 4.95 (kriteria baik), dan rata-rata nilai validasi materi adalah 4.25 (kriteria baik). Uji coba dilakukan di SMA Negeri 1 Kemangkon. Uji satu-satu menunjukkan nilai 3.9 (baik), uji kelompok terbatas 3.81 (baik), uji kelompok besar 3.93 (baik), dan uji prestasi menunjukkan ada peningkatan. (3) Uji efektifitas dengan satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Sampel yang diambil adalah siswa kelas X IPS 3 dan 4 SMA Negeri 1 Bukateja. Hasil penelitian ini adalah rerarta post test kelas eksperimen sebesar 128,06 dan post test kelas kontrol sebesar 113,50. Uji T dari yaitu 8,484 dengan taraf signifikansi 0,000. T hitung pada analisis ini lebih kecil dari nilai alpha (α) 0,025 (0,000 < 0,025). Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak atau terdapat perbedaan rerata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga komik terbukti efektif untuk meningkatkan tingkat kesadaran siswa. Kata kunci: komik sejarah wirasaba, komik sejarah, babad wirasaba

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Annisa Fitri T
    Date Deposited: 13 Oct 2017 10:46
    Last Modified: 13 Oct 2017 10:46
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34983

    Actions (login required)

    View Item