Prosedur Penerbitan Surat Perintah Pengawasan Pekerjaan Di PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta

Kharisma, Dita (2017) Prosedur Penerbitan Surat Perintah Pengawasan Pekerjaan Di PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (457Kb)

    Abstract

    DITA KHARISMA. D1514033. PROSEDUR PENERBITAN SURAT PERINTAH PENGAWASAN PEKERJAAN DI PT. ANGKASA PURA I (PERSERO) BANDAR UDARA INTERNASIONAL ADI SOEMARMO SURAKARTA. Laporan Tugas Akhir. Program Studi Manajemen Administrasi. Program Diploma III. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2017. Penerbitan Surat Perintah Pengawasan Pekerjaan merupakan bagian dari sistem dan prosedur dalam menunjang pelaksanaan pekerjaan Pengadaan Barang/Jasa. Surat Perintah adalah surat yang memberikan hak serta perintah untuk melaksanakan suatu pekerjaan, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang dijelaskan dalam surat perintah kerja tersebut. Surat Perintah Pengawasan Pekerjaan dapat diterbitkan jika pengeluaran yang diminta tidak melebihi RKA (Rencana Kerja & Anggaran) yang tersedia dan didukung dengan kelengkapan dokumen sesuai peraturan perundangan. Tujuan pengamatan ini secara operasional adalah untuk mengetahui bagaimana prosedur penerbitan Surat Perintah Pengawasan Pekerjaan pada Unit Human Capital & General Affair PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta. Pengamatan inimenggunakan metode observasi berperan dengan mendatangi lokasi dimana peristiwa terjadi yang mengarah pada pendeskripsian secara rinci dan mendalam mengenai kondisi yang sebenarnya terjadi di lapangan, metode wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Penulisan Tugas Akhir ini menggunakan landasan teori berupa pedoman Keputusan Direksi Nomor; KEP. 155 / TU.02.01/2014, Keppres No. 80 Tahun 2003 dan studi pustaka lainnya yang dapat menjadi bahan rujukan dalam penulisan Tugas Akhir ini. Dari hasil pengamatan dijelaskan bahwa Prosedur Penerbitan Surat Perintah Pengawasan Pekerjaan dimulai dari pengajuan permohonan perencanaan pekerjaan dari unit teknis atau section head, kemudian penerimaan berkas (Memo Intern & Nota Dinas) yang selanjutnya dilakukan pembuatan konsep surat perintah setelah itu penandatanganan dan penomoran Surat Perintah Pengawasan Pekerjaan kemudian dilakukan proses akhir penerbitan Surat Perintah Pengawasan Pekerjaan. Hasil dari pengamatan ini menunjukkan bahwa pelaksanaan prosedurPenerbitan Surat Perintah Pengawasan Pekerjaan pada Unit Human Capital & General Affair PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta berjalan efektif sesuai pedoman perusahaan dan mempermudah para pengawas pekerjaan dalam hal mengawasi serta tindakan preventif terhadap adanya penyelewengan dan penyalahgunaan danaRKA (Rencana Kerja & Anggaran). Kata Kunci : Prosedur, Surat Perintah, Pengawasan Pekerjaan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Manajemen Administrasi
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 12 Oct 2017 21:04
    Last Modified: 12 Oct 2017 21:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34954

    Actions (login required)

    View Item