Penerapan Strategi Relationship Marketing Pada Badan Penyelengaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Surakarta

Fadhilah, Didin Nur (2017) Penerapan Strategi Relationship Marketing Pada Badan Penyelengaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (259Kb)

    Abstract

    PENERAPAN STRATEGI RELATIONSIP MARKETING PADA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KETENEGAKERJAAN SURAKARTA DIDIN NUR FADHILAH F3214013 BPJS Ketenegakerjaan merupakan program publik pada bidang jasa yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi resiko sosial ekonomi dalam peyelenggaraanya menggunakan mekanisme asuransi sosial, dimana memiliki hubungan dengan peserta yang berkebutuhan jangka panjang (Long time horizon). Kondisi tersebut perlu disadari bahwa pentingnya konsep Relationship Marketing. Konsep ini mengharapkan adanya inovasi, peningkatan kualitas pelayanan dan peningkatan fasilitas agar dapat memuaskan peserta BPJS Ketenagakerjaan. Tujuan yang ingin tercapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiman penerapan Relationship Marketing yang diterapkan BPJS Ketenagakerjaan. Untuk menetahui bagaimana strategi Relationship Marketing yang optimal bagi BPJS Ketenagakerjaan Surakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penyususnan tugas akhir ini adalah deskriptif dengan menganalisam serta mengambil pada suatu objek tertentu untuk dianaisis secara mendalam. Data yang diperoleh melaui dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Penerapan Relationship Marketing yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan Surakarta saat ini masih belum optimal. Relationship Marketing dilaksanakan dengan cara Fokus pada peserta jangka panjang, Membuat komunikasi dengan peserta, Melibatkan organisasi dalam pemasaran sehingga memperoleh serta mengunakan informasi peserta Strategi Relationship Marketing yang optimal dilakukan dengan cara fokus pada Marketing Officer, Relationship Officer dan Customer Service Officer (Pelayanan terhadap Peserta) dengan peserta merasa terpuaskan dengan kegiatan ini secara otomatis akan timbul rasa kepuasan peserta sehingga peserta BPJS Ketenagakerjaan menjadi loyal, membangun sebuah prinsip dalam membina hubungan dengan peserta binaan, membuat program loyalitas peserta, membangun komunitas khusus BPJS Ketenagakerjaan, memahami harapan peserta binaan, membangun kemitraan dengan peserta binaan melaksanakan pemberdayaan karyawan dan melaksanakan Manajemen Mutu Terpadu (TQM) Dalam hal ini perlu adanya suatu inovasi CRM yang telah dilakukan perusahaan yaitu dengan melakukan integrasi teknologi dengan pemasaran. Peningkatan sikap dan prilaku staff customer service, marketing officer dan relationship officer agar dapat memberikan pelayanan yang memuaskan terhadap peserta binaan. Demi meningkatkan kenyamanan, maka sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan operasional dalam pelayanan lebih diperhatikan, agar tidak ada hal-hal yang dapat menghambat kegiatan kinerja pelayanan. Program-program custemer relations seperti customer gethring, customer reward dan event-event yang melibatkan peserta sebaliknya lebih sering diadakan dan diupayakan untuk ditunjukan tidak hanya kepada peserta tertentu akan tetapi kepada seluruh peserta binaan. Kata Kunci : Manajemen, CRM, BPJS Ketenagakerjaan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 12 Oct 2017 20:50
    Last Modified: 12 Oct 2017 20:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34951

    Actions (login required)

    View Item