Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV B SD Kristen Widya Wacana 6 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017)

Hapsari, Dian Tri (2017) Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV B SD Kristen Widya Wacana 6 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (144Kb)

    Abstract

    Dian Tri Hapsari. K7113057. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa kelas IV B SD Kristen Widya Wacana 6 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juni 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas IV B SD Kristen Widya Wacana 6 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV B SD Widya Wacana 6 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Nilai rata-rata kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan sebelum tindakan hanya 51,93 dengan persentase ketuntasan kelas 27,59%. Nilai rata-rata kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan siswa setelah diberi tindakan meningkat menjadi 71,59 dengan persentase ketuntasan kelas 55,17% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 85,97 dengan persentase ketuntasan kelas 89,66% pada siklus II. Peningkatan tersebut diperkuat dengan peningkatan aktivitas siswa pratindakan hanya 1,1 dengan ketegori cukup baik, meningkat menjadi 2,1 dengan kategori baik pada siklus I, meningkat lagi menjadi 3,4 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan siswa kelas IV B SD Widya Wacana 6 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci : Think Pair Share (TPS), kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 12 Oct 2017 20:43
    Last Modified: 12 Oct 2017 20:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34950

    Actions (login required)

    View Item