penerapan model pembelajaran cooperative learning type group investigation untuk meningkatkan hasil belajar guling belakang peserta didik kelas XI-IPS 2 SMA N 2 Surakarta tahun ajaran 2016/2017

Ertanti, Dian Noviana (2017) penerapan model pembelajaran cooperative learning type group investigation untuk meningkatkan hasil belajar guling belakang peserta didik kelas XI-IPS 2 SMA N 2 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (734Kb)

    Abstract

    Dian Noviana Ertanti. K4613043. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING BELAKANG PESERTA DIDIK KELAS XI-IPS 2 SMA N 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta Mei 2017. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar guling belakang peserta didik kelas XI-IPS 2 SMA N 2 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian inimerupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-IPS 2 SMA N 2 Surakarta tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlas 25 peserta didik. Sumber data adalah peserta didik, guru, dan peneliti . teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan tes. Validitas data dengan menggunakan teknik trianggulasi. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam proses pembelajaran. Pelaksanaan tindakan pada siklus I dan siklus II terjadi proses pembelajaran yang aktif, efektif, efisien, dan menyenangkan sehingga dapat mendukung terjadinya pembelajaran yang berkualitas. Hasil penelitian menunjukkan dari kondisi awal ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan persentase ketuntasan. Ketercapaian ketuntasan hasil belajar guling belakang siklus I sebesar 40% atau 10 dari 25 peserta didik dan pada siklus II ketercapaian ketuntasan hasil belajar mencapai 80% atau 20 dari 25 peserta didik, sedangkan 5 peserta didik tidak tuntas sehingga hasil belajar sudah melampaui target capaian yang ditetapkan dalam penelitian ini yaitu 80%. Simpulan penelitian ini adalah melalui model pembelajarana cooperative learning tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar guling belakang pada peserta didik kelas XI-IPS 2 SMA N 2 Surakarta tahun ajaran 2016/2107. Kata kunci : hasil belajar, guling belakang, cooperative learning, group investigation

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 12 Oct 2017 20:35
    Last Modified: 12 Oct 2017 20:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34948

    Actions (login required)

    View Item