PELAKSANAAN PELAYANAN BEA PEROLEHAN HAK ATAS TANAH DAN BANGUNAN ONLINE DI BADAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN MADIUN (PELAKSANAAN PELAYANAN PAJAK ATAS TANAH DAN BANGUNAN SECARA ONLINE DI BADAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN MADIUN)

Putri, Dhea Shiella (2017) PELAKSANAAN PELAYANAN BEA PEROLEHAN HAK ATAS TANAH DAN BANGUNAN ONLINE DI BADAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN MADIUN (PELAKSANAAN PELAYANAN PAJAK ATAS TANAH DAN BANGUNAN SECARA ONLINE DI BADAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN MADIUN). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (250Kb)

    Abstract

    Dhea Shiella Putri. D1514030. PELAKSANAAN PELAYANAN BEA PEROLEHAN HAK ATAS TANAH DAN BANGUNAN ONLINE DI BADAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN MADIUN.Laporan Tugas Akhir. Program Studi Diploma III Manajemen Administrasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret Surakarta 2017. Pelaksanaan pelayanan pajak atas tanah dan bangunan online merupakan salah satu langkah yang diambil oleh Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Madiun khususnya padabagian Pelayanan PBB-P2 dan BPHTB. Langkah ini diambil mempunyai tujuan agar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat menjadi lebih efektif lagi, karena dengan adanya penggunaan Sistem Informasi Online pada pelayanan pembayaran BPHTB dapat mempercepat pelayanan. Karena pajak BPHTB merupakan salah satu pajak yang mempunyai potensi tinggi di Kabupaten Madiun. Dengan adanya pelayanan menggunakan sistem maka pelayanan yang dulunya bisa mencapai 7 hari dapat menjadi pelayanan OneDayService yaitu pelayanan yang dapat selesai hanya dalam satu hari kerja. Tujuan pengamatan ini adalah untuk mengetahui proses pelayanan pembayaran BPHTB di Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Madiun menggunakan Sistem Manajemen Informasi berbasis Online. Jenis pengamatan yang digunakan adalah Wawancara, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 3 cara yaitu wawancara, observasi berperan aktif, serta mengkaji dokumen dan arsip. Hasil pengamatan dari Pelaksanaan Pelayanan Pajak Atas Tanah dan Bangunan di Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Madiun yaitu prosesnyadimulai dari wajib pajak membawa berkas berkas yang diperlukan untuk membayar pajak BPHTB kemudian diberikan kepada petugas PPAT yang kemudian datanya akan dimasukkan ke dalam Sistem Informasi Manajemen BPHTB PPAT. Lalu petugas PPAT akan menyerahkan SSPD-BPHTB yang berisi berapa besar pajak yang harus dibayarkan oleh wajib pajak dan mendapatkan kode validasi. Setelah itu wajib pajak dapat membayarkan besar pajak yang harus dibayar ke bank yang bersangkutan.Wajib pajak yang telah melakukan konfirmasi ke bank akan mendapatkan bukti pembayaran. Kode validasi dari bank tersebut digunakan untuk melakukan konfirmasi ke Badan Pendapatan Daerah bahwa pembayaran pajak telah lunas. Validasi dilakukan dengan menggunakan kode validasi untuk merubah status validasi yang fungsinya telah tersedia dalam Sistem Informasi Manajemen BPHTB untuk petugas di Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Madiun. Kata Kunci : Pelayanan, Sistem Online, Pajak

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Manajemen Administrasi
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 12 Oct 2017 20:26
    Last Modified: 12 Oct 2017 20:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34945

    Actions (login required)

    View Item