Perlindungan Hukum bagi Anak sebagai Korban Tindak Pidana Kekerasan oleh Ayah Kandung (Studi Putusan No 242/Pid.Sus/2015/PN.Pdg)

Alifia, Dhania (2017) Perlindungan Hukum bagi Anak sebagai Korban Tindak Pidana Kekerasan oleh Ayah Kandung (Studi Putusan No 242/Pid.Sus/2015/PN.Pdg). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (164Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum bagi anak sebagai korban tindak pidana kekerasan oleh ayah kandungnya dalam Putusan Nomor 242/Pid.Sus/2015/PN.Pdg. Penelitian ini merupakan penelitian hukum doktrinal atau penelitian hukum normatif. Bahan hukum yang digunakan dalam penulisan hukum ini adalah bahan hukum primer berupa undang-undang perlindungan anak dan peraturan perundang-undangan lain yang berkaitan dengan perlindungan anak sebagai korban, dan juga bahan hukum sekunder yang berupa jurnal, buku-buku, dan berbagai literatur. Penelitian ini bersifat preskriptif, yang memberikan argumentasi atas hasil penelitian yang telah dilakukan terkait dengan perlindungan hukum bagi anak sebagai korban kekerasan ayah kandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan undang-undang dan pendekatan kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa studi kepustakaan dan teknik analisis data yang digunakan bersifat deduksi dengan metode silogisme. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, berbagai peraturan perundang-undangan di Indonesia telah mengatur berbagai hal terkait perlindungan bagi anak sebagai korban. Namun dalam Putusan Nomor 242/Pid.Sus/2015/PN.Pdg, kurang ada perhatian terhadap aspek perlindungan bagi anak sebagai korban karena dalam putusan hakim tidak menjatuhkan pemberatan hukuman kepada pelaku sebagaimana yang diperintahkan oleh undang-undang dan tidak ada penetapan restitusi. Kata kunci: Kekerasan, Anak sebagai korban, Perlindungan anak

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 12 Oct 2017 20:21
    Last Modified: 12 Oct 2017 20:21
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34944

    Actions (login required)

    View Item