PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS HALUS MELALUI PENGGUNAAN METODE GUIDED NOTE TAKING PADA SISWA KELAS II SD NEGERI KERTONATAN 1 KARTASURA SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Kartikawati, Dewi Fitriana (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS HALUS MELALUI PENGGUNAAN METODE GUIDED NOTE TAKING PADA SISWA KELAS II SD NEGERI KERTONATAN 1 KARTASURA SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (186Kb)

    Abstract

    Dewi Fitriana Kartikawati. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS HALUS MELALUI PENGGUNAAN METODE GUIDED NOTE TAKING PADA SISWA KELAS II SD NEGERI KERTONATAN 1 KARTASURA SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2017/2017. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Juni 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis halus pada siswa kelas II SD Negeri Kertonatan 1 Kartasura Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Kertonatan 1 Kartasura Sukoharjo yang berjumlah 21 siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Sumber data berasal dari siswa kelas II, guru kelas II, kegiatan pembelajaran, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis dan interaktif. Hasil penelitian ini memperlihatkan terjadi peningkatan nilai keterampilan menulis halus mulai dari siklus I, dan siklus II. Tingkat ketuntasan klasikal pada prasiklus mencapai 19% atau sejumlah 4 siswa. Pada siklus I ketuntasan tercapai 61,9% atau sejumlah 13 siswa. Sedangakan pada siklus II ketuntasan tercapai 80,9% atau sejumlah 17 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Guided Note Taking dapat meningkatkan keterampilan menulis halus siswa kelas II SD Negeri Kertonatan 1 Kartasura Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci: keterampilan menulis, menulis halus, metode Guided Note Taking

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 12 Oct 2017 19:58
    Last Modified: 12 Oct 2017 19:58
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34940

    Actions (login required)

    View Item