PENERAPAN PENDKATAN BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR MEMUKUL BOLA VOLI MINI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TEGALREJO NO.98 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Octoylya, Dety Indah (2017) PENERAPAN PENDKATAN BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR MEMUKUL BOLA VOLI MINI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TEGALREJO NO.98 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (260Kb)

    Abstract

    Dety Indah Octoylya . K4613042. PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR MEMUKUL BOLAVOLI MINI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TEGALREJO NO.98 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017, Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, JUNI.2017. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar memukul bolavoli mini pada siswa kelas IV SD Negeri Tegalrejo No.98 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Tegalrejo No.98 Surakart Tahun Ajaran 2016/2017 dengan jumlah 25 siswa yang terdiri dari 17 siswa putra dan 8 siswa putri. Sumber data yang diperoleh berasal dari guru, siswa, dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, observasi, dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar memukul permainan bolavoli mini dari kondisi awal ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II.Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari kondisi awal ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini terlihat dari hasil data yang di peroleh dari studi awal, dari 25 siswa yang mendapatkan ketuntasan 6 siswa 24,00% dan belum tuntas 19 siswa 76,00%. Pada siklus I, hasil belajar gerak dasar memukul bolavoli mini siswa mencapai 56,00% atau sebanyak 14 siswa dari 25 siswa telah masuk kriteria tuntas. Pada siklus II, hasil belajar siswa meningkat mencapai 84,00% atau sebanyak 21 siswa dari 25 siswa telah mencapai kriteria tuntas sedangkan 4 siswa lainnya belum tuntas dengan KKM 75.Pada pelaksanaan Siklus I Hasil belajar gerak dasar memukul bolavoli mini sudah meningkat walaupun belum optimal.Pelaksanaan siklus II menyebabkan hasil belajar gerak dasar memukul bolavoli mini meningkat hingga menjadi lebih baik dan tercipta proses pembelajaran yang lebih aktif, efektif, efisien, dan menyenangkan sehingga bisa mendukung suatu proses pembelajaran yang berkualitas. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penerapan pendekatan bermain pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar memukul bolavoli mini pada siswa kelas IV SD Negeri Tegalrejo No.98 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Hasil Belajar, Gerak Dasar Memukul Bolavoli mini, Penerapan Pendekatan Bermain.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 12 Oct 2017 19:31
    Last Modified: 12 Oct 2017 19:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34937

    Actions (login required)

    View Item