Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Indonesia Masa Pergerakan Nasional Melalui Penulisan Buku Nani Wartabone dalam Pergerakan Nasional di Gorontalo untuk Meningkatkan Nasionalisme pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo

KULAP, MURSALAT (2017) Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Indonesia Masa Pergerakan Nasional Melalui Penulisan Buku Nani Wartabone dalam Pergerakan Nasional di Gorontalo untuk Meningkatkan Nasionalisme pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (742Kb)

    Abstract

    Mursalat Kulap. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Indonesia Masa Pergerakan Nasional Melalui Penulisan Buku Nani Wartabone dalam Pergerakan Nasional di Gorontalo untuk Meningkatkan Nasionalisme Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Tesis. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Warto. M.Hum, (II) Prof. Dr. Hermanu Joebagio. M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : (1). Menganalisis pengembangan bahan ajar sejarah Indonesia masa pergerakan nasional yang selama ini, yang meliputi penggunaan bahan ajar, pemahaman mahasiswa tentang peran Nani Wartabone dalam pergerakan nasional di Gorontalo, dan juga analisis kebutuhan bahan ajar buku Nani Wartabone dalam Pergerakan Nasional di Gorontalo. (2). Menganalisis pengembangan bahan ajar buku Nani Wartabone dalam Pergerakan Nasional di Gorontalo. (3). Menganalisis efektivitas penggunaan bahan ajar buku Nani Wartabone dalam Pergerakan Nasional di Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan pendekatan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yakni : 1). Pada tahap Analysis akan dilakukan studi pendahuluan mengenai pembelajaran sejarah yang selama ini 2). Pada tahap Design, format awal buku yang telah menyesuaikan dengan Standar Kompetensi, dan Kompetensi Dasar. 3). Pada tahap Development, diadakan validasi ahli dan juga uji coba buku secara terbatas dan luas kepada mahasiswa. 4). Pada tahap Implementation, bahan ajar buku telah digunakan dalam proses pembelajaran dengan model CTL di kelas eksperimen, sementara untuk kelas kontrol, tidak menggunakan bahan ajar buku tentang Nani Wartabone dalam pergerakan nasional di Gorontalo, melainkan bahan ajar yang selama ini digunakan. 5). Pada tahap Evaluation, diadakan uji efektivitas dari bahan ajar buku. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Hasil penelitian yang diperoleh adalah : 1) pembelajaran sejarah yang dilakukan selama ini kurang mengeksplorasi materi tentang Nani Wartabone dan peranannya dalam pergerakan nasional. Dengan demikian, pengembangan bahan ajar buku tentang Nani Wartabone Dalam Pergerakan Nasional di Gorontalo sangat diperlukan. 2). Bahan ajar buku layak untuk diimplementasikan pada mahasiswa (kelompok eksperimen dan kontrol) karena berdasarkan validasi ahli, bahan ajar buku masuk dalam kategori “Baik”. Selanjutnya pada uji coba terbatas dan luas kepada mahasiswa juga dalam kategori “Baik”. 3). Penggunaan bahan ajar buku Nani Wartabone Dalam Pergerakan Nasional di Gorontalo terbukti efektif dalam meningkatkan prestasi dan nasionalisme mahasiswa. Kedua test (prestasi dan sikap nasionalisme) menghasilkan taraf signifikansi < 0,05 yakni 0,000. Kata Kunci : Bahan Ajar Buku, Nani Wartabone, Pergerakan Nasional, Gorontalo, Nasionalisme, Mahasiswa.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 12 Oct 2017 16:32
    Last Modified: 12 Oct 2017 16:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34933

    Actions (login required)

    View Item