penerapan model contextual teaching and learning untuk meningkatk keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA

Febrian, Dara Rahayu (2017) penerapan model contextual teaching and learning untuk meningkatk keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (771Kb)

    Abstract

    Dara Rahayu Febrian. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IV SDN SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi, Surakartan : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning pada siswa kelas IV SD Negeri Surakarta tahun ajararan 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan tahap refleksi. Subejek penelitian guru dan siswa kelas IV SD Negeri Surakarta tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara. Validitas data yang digunakan adalah validitas isi. Analisis data yang digunakan adalah analisi interaktif dengan empat buah komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri Surakarta dari pratindakan ke siklus I dan dari silklus I ke siklus II. Pada kondisi awal atau pratindakan menunjukkan bahwa rata-rata nilai karakter siswa masuk de dalam kategori rendah. Rata-rata skor keaktifan sebelum tindakan 50 ada 6 siswa yang mencapai nilai karakter tinggi. Pada siklus I skor keaktifan belajar siswa meningkat dengan rata-rata 69 ada 20 siswa ( 67,65%) yang mencapai nilai karakter tinggi. Pada siklus II skor angket meningkat dengan rata-rata 84 ada 28 (82,35%) yang mencapai nilai karakter tinggi. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Kontekstual (CTL) pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan nilai keaktifan belajar siswa kelas IV SD Negeri Mangkubumen Lor No. 15 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci : keaktifan belajar, model Contextual Teaching And Learning

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 12 Oct 2017 16:09
    Last Modified: 12 Oct 2017 16:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34928

    Actions (login required)

    View Item