SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RETRIBUSI PASAR BERBASIS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAERAH (SIMDA) DI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN SRAGEN

Ayu K, Charolina Dyah (2017) SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RETRIBUSI PASAR BERBASIS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAERAH (SIMDA) DI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN SRAGEN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (380Kb)

    Abstract

    CHAROLINA DYAH AYU KUSUMASTUTI. D1514022. “SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RETRIBUSI PASAR BERBASIS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAERAH (SIMDA) DI DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN SRAGEN”. Laporan Tugas Akhir. Program Studi Diploma III Manajemen Administrasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2017. 81 halaman Dalam pelaksanaan otonomi daerah, teknologi informasi dan komunikasi perlu menjadi pertimbangan bagi para penyelenggara pemerintahan untuk memanfaatkan, mengembangkan dan menguasainya, terutama dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa menghadapi tantangan globalisasi. Peran teknologi informasi dalam membantu pengelolaan pasar diwujudkan dengan mengembangkan sistem informasi manajemen pasar untuk membantu otomasi pelayanan pasar mulai dari pelayanan pasar sampai pengelolaan retribusi pasar Tersedianya teknologi informasi akan menghindarkan dari kesalahan dalam pengambilan keputusan. Melalui pengembangan SIMDA ini mekanisme pengambilan keputusan semakin praktis dan cepat serta dapat lebih berdayaguna dan berhasilguna. Semua kegiatan pengelolaan keuangan daerah dapat dijalankan menggunakan sebuah Sistem Informasi Manajemen (SIM). Tujuan pengamatan ini untuk mengetahui Sistem Informasi Manajemen Retribusi Pasar Berbasis Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sragen. Pengamatan ini dilakukan dengan cara observasi berperan. Teknik pengumpulan data dikumpulkan dan dilakukan melalui wawancara, observasi, dan pengumpulan dokumen. Hasil dari pengamatan ini menunjukkan bahwa Sistem Informasi Manajamen Daerah (SIMDA) adalah sistem informasi manajemen pemerintah daerah yang merupakan subsistem dari Sistem Informasi Manajemen Dalam Negeri (SIMDAGRI) yang mendukung kebutuhan informasi bagi penyelenggaraan fungsi utama dan penunjang bagi pemerintah daerah yang terintegrasi secara baik para pengambil keputusan di semua eselon atau jajaran pemerintah daerah sesuai dengan strata informasi yang ditentukan. Prosedur penginputan retribusi pasar menggunakan aplikasi SIMDA yaitu dimulai dari bendahara penerimaan mengisi data dan pasword terlebih dahulu, memilih bukti penerimaan kas dan memilih Dinas Perindustrian dan Perdagangan sebagai bukti setoran dari instansi, pengisian data retribusi daerah sesuai dari surat tanda setoran yang diterima, setelah pengisian data retribusi daerah selesai kemudian bendahara penerimaan membuat laporan pertanggung jawaban. Kelebihan SIMDA yaitu sesuai peraturan perundang-undangan, aplikasi SIMDA dapat dimplemetasikan untuk pengelolaan keuangan daerah secara terintegrasi, memiliki sumber daya manusia yang kompeten dalam pengelolaan keuangan daerah, kesinambungan pemeliharaan, dan fitur-fitur dalam aplikasi SIMDA mudah digunakan Kata Kunci : Retribusi Pasar, SIMDA.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Manajemen Administrasi
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 12 Oct 2017 15:40
    Last Modified: 12 Oct 2017 15:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34917

    Actions (login required)

    View Item