Perbandingan Tingkat Pengetahuan Pasien Rawat Jalan Tentang Penggunaan Antibiotika di Puskesmas Karanganyar dan Puskesmas Ngargoyoso

D, MAHARDHIKA ADHI C (2017) Perbandingan Tingkat Pengetahuan Pasien Rawat Jalan Tentang Penggunaan Antibiotika di Puskesmas Karanganyar dan Puskesmas Ngargoyoso. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (720Kb)

    Abstract

    Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang antibiotik merupakan faktor resiko meningkatnya tingkat resistensi bakteri terhadap antibiotik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan pasien rawat jalan tentang penggunaan antibiotika di Puskesmas Karanganyar dan Puskesmas Ngargoyoso serta untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan dengan tingkat pengetahuan responden. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif non eksperimental dengan desain penelitian Cross-Sectional Study. Sampel diperoleh menggunakan metode accidental sampling. Data penelitian diperoleh dari kuesioner yang diisi oleh 225 pasien rawat jalan di Puskesmas Ngargoyoso dan 281 pasien rawat jalan di Puskesmas Karanganyar. Data yang diperoleh dikelompokkan menjadi data karakteristik pasien dan data pengetahuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Puskesmas Ngargoyoso sebanyak 76,4% (172 orang) mempunyai pengetahuan tinggi tentang penggunaan antibiotika, 23,2 % (52 orang) berpengetahuan sedang, dan 0,4% (1 orang) berpengetahuan rendah. Sebanyak 81,8% (230 orang) mempunyai pengetahuan tinggi, diikuti 17,1% (48 orang) berpengetahuan sedang, dan 1,1% (3 orang) berpengetahuan rendah di Puskesmas Karanganyar. Hasil analisis menggunakan Chi-Square menunjukkan bahwa di kedua lokasi (Puskesmas Karanganyar dan Puskesmas Ngargoyoso) terdapat hubungan antara tingkat pendidikan responden dengan tingkat pengetahuan responden tentang penggunaan antibiotika (p value < 0,05). Dari hasil penelitian diketahui bahwa tingkat pengetahuan pasien rawat jalan tentang penggunaan antibiotika di 2 Puskesmas Kabupaten Karanganyar tergolong tinggi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Farmasi
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 12 Oct 2017 14:30
    Last Modified: 12 Oct 2017 14:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34899

    Actions (login required)

    View Item