ANALISIS PENGARUH EMOTIONAL INTELLIGENCE DAN POLA PERILAKU SISWA TERHADAP TEACHER BURNOUT DENGAN DUKUNGAN SOSIAL DI TEMPAT KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Singgih P, Bachtiar (2017) ANALISIS PENGARUH EMOTIONAL INTELLIGENCE DAN POLA PERILAKU SISWA TERHADAP TEACHER BURNOUT DENGAN DUKUNGAN SOSIAL DI TEMPAT KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (155Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengujiperan mediasi Dukungan sosial di tempat kerja pada hubungan antara Emotional intelligencepada kelelahan guru, serta menguji pengaruh pola perilaku siswa pada kelelahan guru. Populasi penelitian ini adalah guru SMP Negeri di Kota Surakarta sebanyak 2.426 guru.Sampel yang digunakan sebanyak 300 guru SMP Negeridi Kota Surakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.Confirmatori Factor Analysis (CFA) di gunakan untuk menguji validitas, Cronbach’s Alphadi gunakan untuk menguji reabilitas, dan uji hipotesis menggunakan hierarchical regresion analysisdengan software SPSSfor windows versi 21.0. Hasil penelitian ini menunjukkanEmotional Intelligence berpengaruh positif pada dukungan sosial di tempat kerja dan berpengaruh negatif pada kelelahan guru. Pola perilaku siswa berpengaruh negatif pada kelelahan guru. Dukungan sosial di tempat kerja memediasi pada pengaruh antara Emotional Intelligenceterhadap kelelahan guru secara parsial. Keterbatasandari penelitian ini di dasarkan pada jawaban responden atau kuesioner yang di sebarkan, sehingga data yang di kumpulkan sangat tergantung pada keseriusan dan kejujuran responden. Kata Kunci : Emotional Intelligence, kelelahan guru, Dukungan sosial kerja, pola perilaku.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 12 Oct 2017 14:24
    Last Modified: 12 Oct 2017 14:24
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34898

    Actions (login required)

    View Item