PROSEDUR KLAIM PRODUK ASURANSI JIWA MITRA BEASISWA BERENCANA DI ASURANSI JIWA BERSAMA (AJB) BUMIPUTERA 1912 KANTOR PEMASARAN AGENCY SOLO GLADAG

Wulandari, Ayu (2017) PROSEDUR KLAIM PRODUK ASURANSI JIWA MITRA BEASISWA BERENCANA DI ASURANSI JIWA BERSAMA (AJB) BUMIPUTERA 1912 KANTOR PEMASARAN AGENCY SOLO GLADAG. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (443Kb)

    Abstract

    Ayu Wulandari, D 1514017, PROSEDUR KLAIM PRODUK ASURANSI JIWA MITRA BEASISWA BERENCANA DI ASURANSI JIWA BERSAMA (AJB) BUMIPUTERA 1912 KANTOR PEMASARAN AGENCY SOLO GLADAG, Program Diploma III Manajemen Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Tahun 2017, 83 halaman. Salah satu kebutuhan hidup di era globalisasi ini adalah kebutuhan akan jasa asuransi. Hal inilah yang mendorong berkembangnya perusahaan yang bergerak di bidang asuransi karena kebutuhan akan rasa aman dan jaminan keselamatan semakin dirasakan oleh masyarakat. Maka dari itu, Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 terus berusaha mengembangkan produk asuransinya untuk para konsumen agar dapat bersaing dengan perusahaan asuransi lainnya. Salah satunya dengan membuat produk yang tidak hanya berfokus pada asuransi jiwa namun juga di bidang pendidikan. Asuransi jiwa Mitra Beasiswa Berencana merupakan produk asuransi yang memberikan biaya bagi putra-putri nasabah. Dalam asuransi selalu terdapat klaim yaitu tuntutan dari pemegang polis untuk mendapatkan haknya. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengetahui bagaimana prosedur klaim produk asuransi jiwa Mitra Beasiswa Berencana. Pengamatan dilakukan pada Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 Kantor Pemasaran Agency Solo Gladag. Pengamatan ini menggunakan jenis pengamatan observasi berperan. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen dari perusahaan guna menunjang kebutuhan data. Hasil dari pengamatan menunjukkan bahwa terdapat tiga jenis klaim dalam produk asuransi jiwa Mitra Beasiswa Berencana yaitu klaim Dana Kelangsungan Belajar (DKB), klaim habis kontrak, dan klaim meninggal dunia. Terdapat beberapa hambatan dalam proses klaim antara lain kurangnya syarat-syarat yang telah diajukan oleh pemegang polis atau ahli waris. Maka dari itu Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 Kantor Pemasaran Agency Solo Gladag melakukan upaya-upaya untuk menghadapi hambatan-hambatan tersebut. Kata kunci: Asuransi Jiwa, Beasiswa, Klaim, Prosedur.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Manajemen Administrasi
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 12 Oct 2017 14:08
    Last Modified: 12 Oct 2017 14:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34894

    Actions (login required)

    View Item