PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, SOLVABILITAS, UKURAN KAP, DAN OPINI AUDITOR TERHADAP AUDIT DELAY (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015)

AUZAN, M.FARISAN (2017) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, SOLVABILITAS, UKURAN KAP, DAN OPINI AUDITOR TERHADAP AUDIT DELAY (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (864Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Solvabilitas, Ukuran KAP, dan Opini Auditor terhadap Audit Delay. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2015. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang diperoleh sebesar 69 perusahaan dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015, sehingga jumlah observasi yang dianalisis adalah 207 data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan seluruh variabel independen berpengaruh terhadap Audit Delay. Hasil pengujian secara parsial menunjukan dari kelima variabel independen hanya dua variabel yang berpengaruh terhadap Audit Delay, yaitu Ukuran Perusahaan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001 dan solvabilitas dengan tingkat signifikansi sebesar 0,023. Sedangkan variabel Profitabilitas, Ukuran KAP, dan Opini Auditor tidak berpengaruh terhadap Audit Delay dengan tingkat signifikansi lebih besar dari 0,05.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 12 Oct 2017 14:11
    Last Modified: 12 Oct 2017 14:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34893

    Actions (login required)

    View Item