ANALISIS PROSEDUR PENGHAPUSAN BARANG MILIK DAERAH PADA BADAN PENDAPATAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KOTA SURAKARTA

Verantika, Ayu (2017) ANALISIS PROSEDUR PENGHAPUSAN BARANG MILIK DAERAH PADA BADAN PENDAPATAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KOTA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2946Kb)

    Abstract

    Dalam penelitian ini penulis membahas mengenai prosedur yang ditetapkan pada penghapusan barang milik daerah dan tindak lanjutnya oleh Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD). Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Metode observasi dilakukan pada saat magang kerja, wawancara dilakukan dengan cara mewawancarai pegawai yang menangani penghapusan barang milik daerah, dan anailis dokumen dengan cara menganalisis data yang berhubungan dengan penghapusan barang milik daerah di Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Surakarta. Penulis melakukan penelitian ini karena Barang Milik Daerah (BMD) merupakan unsur penting dalam penyelenggaraan pemerintah dan pelayanan masyarakat. Untuk aset yang sudah lama dan tidak digunakan secara optimal lagi oleh Pemerintah dilakukan pengalihan kepemilikan barang milik daerah sebagai tindak lanjut dari penghapusan dengan cara dijual, dihibah, tukar menukar dan penyertaan modal pemerintah daerah. Berdasarkan hasil studi secara keseluruhan dari prosedur yang diterapkan sudah sesuai dengan Peraturan yang ada namun masih terdapat kendala. penulis memberikan beberapa saran kepada BPPKAD untuk mendukung pengelolaan barang milik daerah secara efisien dan efektif serta menciptakan kebijakan pengelolaan aset daerah yang transparansi yaitu pemerintah daerah perlu mengembangkan sistem informasi yang komperhensif dan handal sebagai alat pengambilan keputusan dan perlu adanya sosialisasi kepada SKPD yang bersangkutan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HG Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Akuntansi Perpajakan
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 12 Oct 2017 14:03
    Last Modified: 12 Oct 2017 14:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34892

    Actions (login required)

    View Item