Kajian Dampak Penerapan Jalan Satu Arah Terhadap Pendapatan UMKM Dan Persepsi Masyarakat Di Surakarta (Studi Kasus di Jalan Dr. Radjiman Baron, Jalan Perintis Kemerdekaan dan Jalan KH. Agus Salim)

Zulfa, Athini (2017) Kajian Dampak Penerapan Jalan Satu Arah Terhadap Pendapatan UMKM Dan Persepsi Masyarakat Di Surakarta (Studi Kasus di Jalan Dr. Radjiman Baron, Jalan Perintis Kemerdekaan dan Jalan KH. Agus Salim). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (306Kb)

    Abstract

    KAJIAN DAMPAK PENERAPAN JALAN SATU ARAH TERHADAP PENDAPATAN UMKM DAN PERSEPSI MASYARAKAT DI SURAKARTA (Studi Kasus Di Jalan Dr. Radjiman Baron, Jalan Perintis Kemerdekaan Dan Jalan KH. Agus Salim) Athini Zulfa F0113020 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret Penelitian ini membahas tentang dampak perubahan arus lalu lintas yaitu berupa penerapan jalan satu arah yang sebelumnya adalah dua arah di Jalan Dr. Radjiman Baron, Jalan Perintis Kemerdekaan, dan Jalan KH. Agus Salim yang mulai diterapkan pada tanggal 17 Maret 2016. Penerapan jalan satu arah tersebut memberikan dampak terhadap penurunan pendapatan UMKM yang berada di sekitar jalan tersebut. Selain itu, penelitian ini juga membahas tentang persepsi masyarakat dalam menyikapi penerapan jalan satu arah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer diperoleh dari wawancara 167 responden baik itu untuk pelaku UMKM, masyarakat dan pengguna jalan di sekitar Jalan Dr. Radjiman Baron, Jalan Perintis Kemerdekaan, dan Jalan KH. Agus Salim. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Uji Beda/ Paired Sample Test untuk mengetahui perbedaan pendapatan UMKM sebelum dan setelah penerapan satu arah, serta Analisis deskriptif untuk mengetahui persepsi masyarakat terkait penerapan jalan satu arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan jalan satu arah di Jalan Dr. Radjiman, Jalan Perintis Kemerdekaan, dan Jalan KH. Agus Salim berdampak pada penurunan pendapatan pemilik toko kelontong, warung makan, butik dan konveksi, serta bengkel dan cuci motor. Sedangkan untuk pemilik toko elektronik serta las dan material tidak mengalami perbedaan pendapatan. Kemudian, masyarakat beranggapan bahwa penerapan jalan satu arah berdampak pada keamanan dalam berkativitas, kelancaran berkendara, dan tingkat kecemasan/stress. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat penulis sampaikan adalah bagi UMKM sebaiknya melakukan berbagai inovasi pada produk yang dijual serta meningkatkan teknik marketing yang baik agar konsumen tidak beralih pada produk lain, sedangkan bagi masyarakat adalah hendaknya melaksanakan dan mendukung setiap kebijakan pemerintah yang tidak menyimpang dari kaidah-kaidah dan aturan yang berlaku. Kata kunci: Jalan Satu Arah, Pendapatan, Persepsi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 12 Oct 2017 13:12
    Last Modified: 12 Oct 2017 13:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34878

    Actions (login required)

    View Item