Pembatalan Putusan Arbitrase Internasional Ditinjau Dari UU No. 30 Tahun 1999 (Studi Putusan No. 86/PDT.G/2002/PN.JKT.PST)

Maretta, Astri (2017) Pembatalan Putusan Arbitrase Internasional Ditinjau Dari UU No. 30 Tahun 1999 (Studi Putusan No. 86/PDT.G/2002/PN.JKT.PST). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (932Kb)

    Abstract

    Astri Maretta. E0013072. 2017. PEMBATALAN PUTUSAN ARBITRASE INTERNASIONAL DITINJAU DARI UU No. 30 TAHUN 1999 (Studi Kasus PT. Pertamina (Persero) dengan Karaha Bodas Company). Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Penelitian hukum ini mendeskripsikan mengenai proses pelaksanaan permohonan pembatalan putusan arbitrase internasional khususnya dalam kasus Pertamina dengan Karaha Bodas, serta akibat hukum dari pembatalan sebuah putusan arbitrase internasional. Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kasus. Bahan hukum yang digunakan dalam penulisan hukum ini adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penulisan hukum ini dengan melakukan penelitian di Kantor Pusat PT. Pertamina (Persero) serta melalui penelusuran peraturan perundang-undangan serta literatur yang berhubungan dengan penulisan hukum ini. Hasil dari penelitian ini, Pertama, proses pembatalan putusan arbitrase internasional dalam kasus Pertamina dengan Karaha Bodas Company belum mengikuti ketentuan yang berlaku dalam Undang-Undang No. 30 Tahun 1999 Tentang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa. Kedua, akibat hukum dari pembatalan putusan arbitrase pada tingkat peninjauan kembali oleh Mahkamah Agung telah ditolak dan mengharuskan Pertamina untuk melaksanakan isi dari putusan arbitrase internasional tersebut. Kata Kunci: Arbitrase, Putusan Arbitrase, Pembatalan Putusan Arbitrase

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Arief Atmojo
    Date Deposited: 12 Oct 2017 13:01
    Last Modified: 12 Oct 2017 13:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34877

    Actions (login required)

    View Item