UJI DAYA HAMBAT BERBAGAI MEREK HAND SANITIZER GEL TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI Escherichia coli DAN Staphylococcus aureus

RINI, EKA PUSPITA (2017) UJI DAYA HAMBAT BERBAGAI MEREK HAND SANITIZER GEL TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI Escherichia coli DAN Staphylococcus aureus. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (494Kb)

    Abstract

    Intisari Hand sanitizer merupakan zat antiseptik dengan kandungan zat aktif berupa alkohol dan bahan antimikroba lain yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri Gram positif dan Gram negatif pada tangan. Escherichia coli merupakan bakteri Gram negatif sedangkan Staphylococcus aureus merupakan baktei Gram positif dan keduanya secara alami tumbuh pada tubuh dan kulit manusia. Jumlah konsumen hand sanitizer meningkat karena cara pemakaian yang praktis tanpa memerlukan adanya sumber air.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya hambat 5 merek hand sanitizer gel terhadap E. coli dan S. aureus serta menganalisis faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli hand sanitizer dengan merek tertentu. Penelitian ini termasuk jenis penelitian noneksperimental deskriptif. Penelitian dilakukan dengan pengujian kemunculan zona hambat hand sanitizer menggunakan metode disc diffusion dan dengan menganalisis waktu penghambatan optimum hand sanitizer terhadap pertumbuhan E.coli dan S.aureus selama waktu pengujian. Analisis faktor perimbangan konsumen dilakukan dengan penyebaran dengan teknik sampling yang digunakan yaitu accidental sampling. Uji zona hambat menghasilkan hanya 3 merek yang memiliki daya hambat terhadap E.coli dan semua merek hand sanitizer memiliki daya hambat terhadap S.aureus. Uji waktu penghambatan optimum terhadap S.aureus yaitu : 1 merek hand sanitizer setelah menit 0 hingga menit ke 12, 2 merek hand sanitizer setelah menit ke 6 hingga menit ke 12, 1 merek hand sanitizer setelah menit 0 hingga menit ke 6 serta 1 merek hand sanitizer setelah menit 0 hingga menit ke 3. Iklan merupakan faktor yang paling berpengaruh bagi konsumen dalam membeli hand sanitizer merek tertentu.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Farmasi
    Depositing User: Annisa Fitri T
    Date Deposited: 12 Oct 2017 10:55
    Last Modified: 12 Oct 2017 10:55
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34851

    Actions (login required)

    View Item