Pelaksanaan Pelayanan Tata Usaha di SMK Batik 1 Surakarta

ANISA, ZULVA RIZKY (2017) Pelaksanaan Pelayanan Tata Usaha di SMK Batik 1 Surakarta. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (172Kb)

    Abstract

    Zulva Rizky Anisa. PELAKSANAAN PELAYANAN TATA USAHA DI SMK BATIK 1 SURAKARTA. Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana pelaksanaan pelayanan tata usaha di SMK Batik 1 Surakarta. (2) Kendala yang dihadapi dan solusi dalam pelaksanaan pelayanan tata usaha di SMK Batik 1 Surakarta Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Key informan/informan kunci penelitian ini adalah Kepala Sekolah SMK Batik 1 Surakarta. Adapun informan pendukung yaitu; Ketua Tata Usaha, personel tata usaha sebagai pelaksana pelayanan tata usaha dan guru, peserta didik serta wali murid sebagai sasaran pelayanan tata usaha. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan analisis dokumen. Teknik pengambilan subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive snowball sampling. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif dengan aktivitas yang meliputi reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengujian keabsahan data dilakukan melalui triangulasi metode dan sumber. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan kegiatan pelayanan tata usaha di SMK Batik 1 Surakarta mencakup: (a) Mencatat. (b) Mengetik. (c) Menghimpun. (d) Mengolah. (e) Menggandakan. (f) Memberikan kode/nomor surat. (g) Mengirim. (h) Menyimpan. (2) Pelaksanaan pelayanan tata usaha di SMK Batik 1 Surakarta diukur melalui: (a) Bukti fisik (Tangibles). (b) Keandalan (Reliability). (c) Ketanggapan (Responsiveness). (d) Jaminan dan kepastian (Assurance). e) Perhatian (Emphaty). (3) Kendala yang terjadi pada pelaksanaan pelayanan tata usaha di SMK Batik 1 Surakarta adalah: (a) Pelaksanaan tugas yang belum sesuai dengan pembagian job deskripsi. (b) Pengagendaan surat masuk dan keluar belum terlaksana dengan baik. (c) Kurangnya sarana dan prasarana pendukung. (d) Kurangnya keterbukaan antara atasan dan bawahan. (4) Solusi dari peneliti atas kendala pelaksanaan pelayanan tata usaha di SMK Batik 1 Surakarta adalah: (a) Personel tata usaha harus mengembangkan kompetensi yang dimiliki melalui keikutsertaan dalam berbagai pelatihan. (b) Personel tata usaha harus mengadakan pengagendaan surat menggunakan sistem satu pintu. (c) Menambah sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan pelaksanaan pelayanan tata usaha. (d) Sikap keterbukaan antara atasan dan bawahan. Kata kunci : pelayanan sekolah, administrasi sekolah, tata usaha

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: faizah sarah yasarah
    Date Deposited: 12 Oct 2017 07:56
    Last Modified: 12 Oct 2017 07:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34838

    Actions (login required)

    View Item