Tindak Tutur Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi di Kelas X SMA/SMK

Kholisah, Lilis (2017) Tindak Tutur Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Apresiasi Puisi di Kelas X SMA/SMK. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (671Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk tindak tutur guru dan siswa, (2) fungsi tindak tutur guru dan siswa, (3) kesulitan guru dan siswa dalam melakukan tindak tutur, dan (4) upaya mengatasi kesulitan guru dan siswa dalam melakukan tindak tutur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah peristiwa, informan, dan dokumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik validasi data dilakukan dengan triangulasi data, sumber, dan metode. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah: (1) bentuk tindak tutur guru dan siswa meliputi tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi, (2) fungsi tindak tutur lokusi antara lain: memberikan informasi, memancing keaktifan siswa, menanyakan informasi, dan memberikan perintah. Fungsi tindak tutur ilokusi antara lain: bertanya, menjelaskan, menyuruh, mengarahkan, menyatakan, mengekspresikan, mengucapkan salam, dan memberitahukan. Fungsi tindak tutur perlokusi, yaitu pengkondisian kelas dan pencair suasana, (3) kesulitan guru dan siswa meliputi pembelajaran berorientasi pada guru, terbatasnya metode dan media, kurangnya latihan, kurangnya pemahaman siswa, kurangnya minat siswa, kurangnya pengetahuan siswa, kurangnya rasa percaya diri, kesulitan menuliskan puisi, dan kesulitan memaknai kata kias, (4) upaya untuk mengatasi kesulitan guru dan siswa meliputi penataran guru, pembiasaan siswa aktif, penggunaan pola interaksi yang beragam, penggunaan media dan metode secara maksimal, penambahan latihan, penggunaan pembanding kehidupan sehari-hari, penumbuhan minat siswa, penyelipan humor, penambahan intensitas membaca, penulisan tanpa dibebani makna, pencarian makan dalam kamus, dan penggunaan kata puitis. Kata Kunci: tindak tutur, kesulitan, upaya, pembelajaran apresiasi puisi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 11 Oct 2017 22:52
    Last Modified: 11 Oct 2017 22:52
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34830

    Actions (login required)

    View Item