IDENTIFIKASI POTENSI INTERAKSI ANTIBIOTIK DENGAN OBAT LAIN PADA PASIEN PNEUMONIA DENGAN PENYAKIT PENYERTA DI RAWAT INAP RSUD DR. SOEDONO MADIUN

YUSVIDA, ZAHRA (2017) IDENTIFIKASI POTENSI INTERAKSI ANTIBIOTIK DENGAN OBAT LAIN PADA PASIEN PNEUMONIA DENGAN PENYAKIT PENYERTA DI RAWAT INAP RSUD DR. SOEDONO MADIUN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1417Kb)
    [img] PDF - Published Version
    Download (142Kb)

      Abstract

      Pneumonia adalah salah satu bentuk infeksi saluran nafas bawah akut yang tersering, salah satunya disebabkan oleh bakteri. Antibiotik merupakan terapi utama yang digunakan pada kasus infeksi bakteri. Penggunaan bersamaan dengan obat lain memungkinkan terjadinya interaksi yang merugikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui antibiotik yang berpotensi interaksi obat dan pengaruhnya terhadap kondisi pasien berdasarkan data klinis maupun laboratorium. Penelitian ini adalah penelitian non eksperimental yang hasilnya dianalisis secara deskriptif. Pengambilan data dilakukan secara retrospektif yaitu mengambil data rekam medik pasien pneumonia rawat inap tahun 2016. Sampel diperoleh dengan teknik purposive sampling. Kriteria inklusi yaitu pasien yang didiagnosis pneumonia dengan penyakit penyerta, mendapatkan terapi antibiotik, memiliki data klinis maupun laboratorium (pemeriksaan darah dan kimia klinik). Kriteria eksklusi yang ditetapkan yaitu pasien dengan rekam medik tidak lengkap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 23 jenis obat yang berpotensi menyebabkan interaksi obat pada pasien pneumonia berdasarkan literatur. Persentase interaksi obat farmakokinetika 72,55%; farmakodinamika 27,45%. Potensi interaksi obat fase metabolisme 41,19%; ekskresi 31,36%. Potensi interaksi obat dengan persentase paling tinggi yaitu gentamycin dengan salbutamol dengan signifikansi moderate sebesar 17,65%. Pengaruh interaksi obat terhadap kondisi klinis maupun laboratorium yang terjadi pada pasien yaitu penurunan kadar kalium darah oleh interaksi gentamycin dengan salbutamol dan hipotensi oleh interaksi metronidazole dengan phenytoin.

      Item Type: Thesis (Other)
      Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
      Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
      Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Farmasi
      Depositing User: faizah sarah yasarah
      Date Deposited: 11 Oct 2017 22:44
      Last Modified: 11 Oct 2017 22:44
      URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34828

      Actions (login required)

      View Item