MANAJEMEN KELAS KHUSUS BAKAT ISTIMEWA OLAHRAGA (BIO) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS EKS KARESIDENAN SURAKARTA (Studi Kasus pada 3 Sekolah Kelas Khusus Bakat Istimewa Olahraga)

HUDA, KHOIRUL (2017) MANAJEMEN KELAS KHUSUS BAKAT ISTIMEWA OLAHRAGA (BIO) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS EKS KARESIDENAN SURAKARTA (Studi Kasus pada 3 Sekolah Kelas Khusus Bakat Istimewa Olahraga). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (781Kb)

    Abstract

    Khoirul Huda. A121508032. 2017. Manajemen Kelas Khusus Bakat Istimewa Olahraga (BIO) di SMA Eks Karesidenan Surakarta. TESIS. Pembimbing I: Prof. Dr. Agus Kristiyanto.,M.Pd. Pembimbing II: Prof. Dr. Muchsin Doewes, dr., SU, AIFO, MARS. Program Studi Ilmu Keolahragaan, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan tentang perencanaan kelas khusus Bakat Istimewa Olahraga (BIO) di SMA Eks Karesidenan Surakarta (2) Mendeskripsikan tentang pengorganisasian kelas khusus Bakat Istimewa Olahraga (BIO) di SMA Eks Karesidenan Surakarta (3) Mendeskripsikan tentang pelaksanaan kelas khusus Bakat Istimewa Olahraga (BIO) di SMA Eks Karesidenan Surakarta (4) Mendeskripsikan tentang pengawasan kelas khusus Bakat Istimewa Olahraga (BIO) di SMA Eks Karesidenan Surakarta. Lokasi penelitian di SMA Muhammadiyah 1 Klaten, SMA Negeri 1 Wonogiri, SMA Negeri 1 Slogohimo. Motode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada general. Hasil penelitian ketiga SMA di Eks Karesidenan Surakarta yang menjadi obyek penelitian membuat perencanaan sebelum melaksanakan program kelas khusus Bakat Istimewa Olahraga terutama peserta didik, kurikulum dan fasilitas. Pengorganisasian kelas khusus Bakat Istimewa Olahraga semua sekolah mempunyai struktur organisasi kepengurusan dengan tugas dan kewajiban pada setiap bidang didalamnya dengan dikomando dari ketua program pengeola kelas BIO. Tim dalam perencanaan dan penyusunan kelas khusus Bakat Istimewa Olahraga melibatkan kepala sekolah, waka dibidang kurikulum, ketua program kelas BIO, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta, Dinas Pendidikan Kabupaten dan Komite Olahraga Nasional Indonesia Kabupaten. Di dalam pelaksanaannya terutama perekrutan siswa kelas BIO ketiga sekolah mengunakan sistem ketrampilan fisik atau tes pemandu bakat yang bekerja sama dari Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta. Pembinaan cabang olahraga dilaksanakan di sore hari setelah selesai jam pembelajaran regular berakhir. Sedangkan untuk ketersedian fasilitas ketiga sekolah terutama sarana dan prasarana, sudah sesuai standar umum dan standart kompetisi. Pengawasan dilakukan oleh ketua program kelas BIO dan pihak dari dinas pendidikan secara terjadwal. Kesimpulan bahwa manajemen kelas khusus Bakat Istimewa Olahraga di tiga sekolah sudah cukup baik, hanya masih adanya kendala didalam pelaksanannya yang perlu diperbaiki.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 11 Oct 2017 21:31
    Last Modified: 11 Oct 2017 21:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34817

    Actions (login required)

    View Item