Aktivitas Public Relations PT Pertamina (Persero) Melalui Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR)

KHUMAIRA, NURUL (2017) Aktivitas Public Relations PT Pertamina (Persero) Melalui Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (703Kb)

    Abstract

    Nurul Khumaira, D1614078, Hubungan Masyarakat, Aktivitas Public Relations PT Pertamina (Persero) Melalui Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), 2017. Komitmen dan kepedulian Pertamina terhadap kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan kontribusi Pertamina secara maksimal terhadap masalah global yaitu Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development). Penulis melaksanakan Kuliah Kerja Media (KKM) pada fungsi CSR PT Pertamina (Persero) selama dua bulan dimulai dari tanggal 16 Februari 2017 sampai dengan 16 April 2017. CSR adalah komitmen perusahaan atau dunia bisnis untuk berkontribusi dalam pengembangan ekonomi yang berkelanjutan dengan memperhatikan tanggung jawab sosial perusahaan dan menitikberatkan pada keseimbangan antara perhatian terhadap aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Dalam konteks public relations, Corporate Social Responsibility (CSR) di implementasikan dalam program dan kegiatan community relations yang dilakukan oleh perusahaan atau instansi. CSR baik untuk PR karena ada banyak hal baik yang dapat mendukung praktik PR yang etis, dan memberikan kesempatan untuk melayani kepentingan publik. Selama penulis melaksanakan KKM pada fungsi CSR PT Pertamina (Persero) penulis diberikan beberapa tugas dan pekerjaan yang terkait dengan kegiatan dan program CSR Pertamina diantaranya melakukan monitoring pada laporan-laporan kegiatan CSR, monitoring pemberitaan CSR di media online, mengikuti rapat mengenai program-program CSR, serta membuat artikel terkait kegiatan CSR. Dengan pelaksanaan KKM atau magang, penulis penulis dapat mengetahui dan memahami salah satu bentuk aktivitas dan kegiatan public relations yaitu menjaga hubungan dengan komunitas melalui kegiatan CSR yang dilaksanakan di PT Pertamina (Persero), dan juga kegiatan CSR Pertamina memiliki pengaruh yang besar dalam peningkatan citra Pertamina di masyarakat luas. (keywords: public relations, Corporate Social Responsibility, Pertamina)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Komunikasi Terapan
    Depositing User: Noviana Eka
    Date Deposited: 11 Oct 2017 20:34
    Last Modified: 11 Oct 2017 20:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34796

    Actions (login required)

    View Item