PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MESIN DI KELAS X TMC SMK BHINNEKA KARYA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Saripada, Briant Rivani (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MESIN DI KELAS X TMC SMK BHINNEKA KARYA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (2108Kb)

    Abstract

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MESIN DI KELAS X TMC SMK BHINNEKA KARYA SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Briant Rivani Saripada1), Dr. Eng. Herman Saputro, S.Pd.2), M.Pd., M.T., Ngatou Rohman, S.Pd., M.Pd.3) Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Jurusan Pendidikan dan Teknik Kejuruan, FKIP, UNS Pabelan, Jl. Ahmad Yani 200, Surakarta Email : briantsaripada9553@gmail.com ABSTRAK Hasil belajar siswa pada kelas X TMC di SMK Bhinneka Karya Surakarta masih tergolong rendah. Penggunaan model pembelajaran pada kelas X TMC di SMK Bhinneka Karya Surakarta belum sesuai dengan karakteristik siswa yang ada pada kelas X TMC tersebut. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada kelas X TMC di SMK Bhinneka Karya Surakarta bisa meningkatkan hasil belajar pada siswa di kelas tersebut. Siswa dibagi secara heterogen menjadi beberapa kelompok kecil yang di dalamnya terdapat 4 sampai 6 siswa, inilah yang disebut kelompok asal. Setiap siswa dalam kelompok mendapat masing-masing 1 sub materi, siswa dengan sub materi yang sama dikelompokkan lagi untuk berdiskusi, inilah yang disebut sebagai kelompok Ahli. Siswa kembali ke kelompok asal untuk saling mengajari. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TMC di SMK Bhinneka Karya Surakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah hasil evaluasi siswa kelas X TMC berupa soal tes dan tes keterampilan menggambar. Analisis data dengan cara merata-ratakan nilai pada masing-masing siklus pertemuan satu dan dua, selanjutnya membandingkan hasil analisis tiap siklus. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal hasil belajar siswa kelas X TMC terhadap mata pelajaran gambar teknik mesin mengalami peningkatan. Pada pratindakan, yaitu 45,95% atau terdapat 17 siswa yang tuntas dari 37 siswa. Pada siklus I ketuntasan klasikal meningkat menjadi 54,05% atau terdapat 20 siswa yang tuntas dari 37 siswa. Penelitian dilanjutkan ke siklus II karena indikator kinerja penelitian sebesar 75% beluim tercapai. Pada siklus II ketuntasan klasikal meningkat menjadi 81,08%. Dengan demikian indikator kinerja penelitian telah tercapai. Nilai rata-rata pada pratindakan, yaitu 65,50; pada siklus I meningkat menjadi 72,23; dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 81,77. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat menigkatkan hasil belajar gambar teknik mesin pada siswa kelas X TMC di SMK Bhinneka Karya Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif, Jigsaw, Hasil belajar . ABSTRACT Student learning outcomes in class X TMC in SMK Bhinneka Karya Surakarta is still relatively low. The use of learning model in class X TMC in SMK Bhinneka Karya Surakarta not yet according to the characteristics of students in the TMC X class. The application of Jigsaw type cooperative learning model in class X TMC in SMK Bhinneka Karya Surakarta can improve the learning outcomes of the students in the class. Students are divided heterogeneously into several small groups in which there are 4 to 6 students, this is called the origin group. Each student in the group gets each sub-material, students with the same sub-material are grouped again for discussion, this is called the Expert group. Students return to the original group to teach each other The population of this research was students of class X TMC in SMK Bhinneka Karya Surakarta. The sample in this research is the result of evaluation of TMC X class student in the form of test and test of drawing skill. Data analysis by averaging the values in each cycle of meetings one and two, then compare the results of the analysis of each cycle. The results of this classroom action research shows the classical completeness of the learning outcomes of class X TMC students to technical subjects. On before acting, that is 45.95% or there are 17 complete students from 37 students. In the first cycle of classical completeness increased to 54.05% or there are 20 complete students of 37 students. Research continued into cycle II because the performance indicator result 75% beluim achieved. In cycle II the classical completeness increased to 81.08%. Thus, performance indicators have been achieved. The average value on precycle, that is 65.50; In the first cycle increased to 72.23; And in cycle II it increases again to 81.77. Based on the result of the research, it can be concluded that cooperative learning model of Jigsaw type can improve the learning result of technical technique drawing on the students of X TMC class at SMK Bhinneka Karya Surakarta in academic year 2016/2017. Keywords: Cooperative learning model, Jigsaw, Learning outcomes

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Annisa Fitri T
    Date Deposited: 11 Oct 2017 11:57
    Last Modified: 11 Oct 2017 11:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34788

    Actions (login required)

    View Item