Formulasi dan Evaluasi Sediaan Masker Peel-Off Ekstrak Etanol Daun Kemangi (Ocimum basilicum L.) dengan Variasi Konsentrasi PVA Sebagai Gelling Agent

P, AYUNINGTIYAS DIAN (2017) Formulasi dan Evaluasi Sediaan Masker Peel-Off Ekstrak Etanol Daun Kemangi (Ocimum basilicum L.) dengan Variasi Konsentrasi PVA Sebagai Gelling Agent. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (690Kb)

    Abstract

    Masker peel-off merupakan sediaan kosmetik untuk mengatasi masalah wajah seperti jerawat yang salah satunya disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Salah satu tanaman yang mempunyai aktivitas antibakteri yaitu daun kemangi (Ocimum basilicum L.). Pemanfaatan antibakteri dalam bentuk sediaan masker peel-off saat ini belum dikembangkan, sehingga perlu dilakukan penelitian untuk pembuatan masker peel-off ekstrak etanol daun kemangi dengan karakteristik fisika dan kimia yang stabil, salah satu yang mempengaruhi kestabilan adalah gelling agent. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh konsentrasi gelling agent terhadap evaluasi fisik dan kimia masker peel-off, gelling agent yang digunakan yaitu PVA. Ekstraksi daun kemangi menggunakan metode maserasi dengan pelarut etanol 96% teknis. Ekstrak daun kemangi kemudian diformulasikan dengan variasi konsentrasi PVA 8%, 10%, dan 12%. Evaluasi sifat fisik dan kimia yang dilakukan yaitu uji organoleptis, uji homogenitas, uji daya lekat, uji daya sebar, uji pH, dan uji waktu mengering selama empat minggu. Data yang diperoleh dianalisis secara teoritis dan secara statistik menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi konsentrasi PVA (8%, 10%, 12%) sebagai gelling agent berpengaruh signifikan terhadap konsistensi, daya lekat, daya sebar, pH, dan waktu mengering masker peel-off. Konsentrasi PVA yang memiliki evaluasi fisik dan kimia paling baik yaitu PVA 8% dengan konsistensi cukup kental, daya lekat 23,63±0,159 detik, daya sebar 5,26±0,24 cm, pH 6,51±0,01, dan waktu mengering 27,92±0,246 menit.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Farmasi
    Depositing User: Annisa Fitri T
    Date Deposited: 11 Oct 2017 07:56
    Last Modified: 11 Oct 2017 07:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/34783

    Actions (login required)

    View Item